get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Punya Pabrik Pengolah Sampah Jadi Bahan Baku Bakar Pengganti Batu Bara Pertama di Indonesia

Sejarah Jembatan Bantar, Saksi Bisu Pejuang Pertahankan Kedaulatan Indonesia di Jogja

Sabtu, 13 Mei 2023 | 01:01 WIB
header img
Jembatan Bantar ini pernah menjadi saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia mengusir Belanda. Foto: iNews Depok/Tama

Rumah Pawirodaliyo dijadikan markas Belanda untuk menduduki Desa Bantar melalui dua arah yaitu sebagian dari mereka yang menyerang ke barat Kali Progo dengan merangkak pada jembatan kereta api yang telah dirusak para gerilyawan Pejuang Indonesia. Sedangkan sebagian lagi langsung melalui jembatan Bantar itu sendiri.

Jembatan yang strategis itu dijaga Belanda baik dari titik sebelah timur, yang mana ditempatkan 81 orang serdadu termasuk pemimpinnya, dan di sebelah barat ditempatkan 30 orang serdadu Belanda.

Persenjataan mereka serba lengkap, dapur umum ditempatkan sebelah timur jembatan dengan mengambil juru masak dari rakyat sekitar Desa Bantar.

Dengan mengambil juru masak dari rakyat ini jelas menguntungkan pihak pejuang karena juru masak mengerti secara jelas situasi markas Belanda setiap harinya.

Para pemuda sering menggunakan kesempatan menanyakan kepada juru masak tersebut dan saling memberikan informasi yang menguntungkan perjuangan seperti mengenai tempat penyimpanan persenjataan Belanda, rencana penyerangan yang akan dilakukan Belanda terhadap para pejuang, dan informasi lainnya yang membantu para pejuang. Informasi ini diberikan setelah juru masak itu pulang dari kerja.


Jembatan Bantar saat ini. Foto: iNews Depok/Tama

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut