get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Wow, UI Monumental! Bikin Bus Listrik untuk Acara 20 Negara Terkaya di Dunia

Jum'at, 10 Juni 2022 | 20:14 WIB
header img
Langkah monumental UI membuat bus listrik untuk acara-acara G20 yaitu kelompok 20 negara terkaya di dunia. Indonesia saat ini memegang Presidensi G20 tahun 2022. Penyerahan berlangsung hari ini di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat (Foto: Iyung Rizki)

Harga kompetitif

Lalu berapa harga bus listik ini? Ari Kuncoro menyatakan harganya sangat bersaing yaitu sekitar Rp5 miliar. Meski harganya bersaing, kualitas bus listrik bisa diadu dengan produk dari produsen lain.

“Bus sudah sudah sesuai dengan regulasi pemerintah terkait kendaraan yang beroperasi di jalan raya," cetus Aris Kuncoro.

Rektor UI menyatakan kendaraan listrik tidak akan sekadar menjadi produk penelitian UI, namun sudah melahirkan perusahaan pemula (startup) teknologi, yaitu PT NSAD. Perusahaan starup ini berfokus dalam bidang perancangan sistem elektronika dan kendali di tingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut Rektor UI menyatakan terima kasih atas dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP). Lembaga ini menginvestasikan dana pengembangan sebesar Rp12,65 milyar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp5 milyar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik).

“Saat ini, kegiatan pengembangan telah sepenuhnya selesai dan UI melalui mitra PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah siap mengkomersialkan hasil penelitian berupa bus listrik, tutur Ari Kuncoro.

Lebih lanjut Ari Kuncoro menyatakan bus yang diserahkan telah siap melalui uji tipe sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Setelah itu bus siap siap digunakan di jalan raya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut