get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Dushub Jakarta Kembali Copot Pembatas Jalur Sepeda

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 05:56 WIB
header img
Dishub Jakarta tengah mencopoti pembatas (stick cone) jalur sepeda. Foto : instagram @akudankotaku

JAKARTA, iNewsDepok.id - Viral sebuah video yang menunjukkan petugas Dishub (Dinas Perhubungan) DKI Jakarta mencopoti pembatas stick cone di jalur sepeda yang dibangun pada era Gubernur DKI Anies Baswedan.

Stick cone pembatas jalur sepeda tersebut berada di Jalan Gelora 1 Senayan, Jakarta Pusat. Ada 13 ruas jalan lainnya di Jakarta yang pembatas jalur sepedanya dibongkar.

"Jalur sepeda sudah melalui jalan panjang kajian teknis dan akademis, bahkan dikawal lembaga internasional, jadi kalau hanya ingin dibongkar berarti memang tidak pernah serius. Ini kali kedua, Pemprov DKI bongkar-membongkar urusan jalur sepeda, setelah peristiwa Simpang Santa," ujar Fahmi Saimima, Bike To Work Indonesia (B2W). 

Dilansir dari unggahan akun instagram @akudankotaku, untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan salah satunya adalah menyediakan fasilitas yang ramah lingkungan. Misalnya, menyediakan jalur sepeda untuk mendukung penggunaan moda transportasi yang rendah emisi di Jakarta.

"Jalur sepeda sangat penting untuk memberikan hak yang sepadan bagi pesepeda. Pembongkaran ini dikhawatirkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk bersepeda. Tidak hanya itu, potensi pengurangan emisi yang signifikan dengan adanya perilaku mobilitas dari kendaraan (bermotor) pribadi juga bisa menjadi terhambat," ujar Rizkiana Sidqi, Greenpeace Indonesia.  

Penggunaan jalur sepeda yang masih minim pengguna dan terkesan tidak terlihat ada yang menggunakan, namun jalur sepeda ini penting untuk ada. Karena hal ini memudahkan masyarakat yang sudah sadar tentang pentingnya mengurangi emisi dari kendaraan bermotor untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda.

Pembongkaran jalur sepeda ini menghasilkan pro dan kontra dari masyarakat. Dari kolom komentar, beberapa netizen menyetujui pembongkaran jalur sepeda ini sebab dinilai tidak efektif karena pengguna sepeda sedikit dan tidak bertambah. Sementara beberapa netizen tidak menyetujui pembongkaran jalur sepeda ini, serta menilai warga Indonesia tidak suka hidup sehat dan susah di ajak maju.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut