get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Penyumbang Pengangguran Terbesar Lulusan SMK? Begini Penjelasan Praktisi Pendidikan Vokasi

Hari Ibu Rumah Tangga: Jadi Ibu Rumah Tangga Sama Sekali Tidak Mudah

Sabtu, 04 November 2023 | 09:46 WIB
header img
Hj Dewi Juliani SH, Caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan. Foto : instagram @dewijuliani

DEPOK, iNewsDepok.id - Jumat (03/11/2023) adalah peringatan Hari Ibu Rumah Tangga Nasional atau National Housewife's Day. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang berlangsung sepanjang hari. Namun, pekerjaan ini seolah selalu terlupakan bagi banyak kalangan padahal selalu memiliki peran penting dalam keluarga.

Pekerjaan ibu rumah tangga dianggap sebagai pekerjaan domestik atau pekerjaan sehari-hari, sehingga kerja keras para ibu rumah tangga kerap tidak mendapatkan ucapan terima kasih yang layak.

Hari ini menjadi sorotan khusus dari Caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan, Hj Dewi Juliani SH. Dewi Juliani juga merupakan Ketua Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia (GNTI) wilayah Provinsi Riau. 

"Peran ibu rumah tangga sudah ada sejak manusia mulai memiliki keluarga inti. Pada abad ke-19, semakin banyak wanita di negara-negara industri mulai melakukan pekerjaan berbayar di berbagai industri di luar rumah," terang Dewi Juliani.

Beberapa keluarga dari abad ke-20 memiliki keistimewaan karena hanya memiliki satu pasangan yang pergi bekerja untuk mengurus seluruh kebutuhan keluarga.

"Bahkan lebih banyak keluarga membuat keputusan yang sulit untuk hanya memiliki satu sumber penghasilan sehingga istri dapat merawat anak-anak dan rumah. Dan banyak orang melihat menjadi ibu rumah tangga sebagai semacam jalan keluar yang mudah, padahal kenyataannya, menjadi ibu rumah tangga sama sekali tidak mudah," ujar Dewi Juliani.

Menurut Dewi Juliani lebih banyak orang menyadari bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah tugas yang nilainya tidak dapat diukur.

"Oleh karenanya, para suami dari generasi saat ini mau berbagi beban pekerjaan rumah tangga, di mana hal ini bukan norma umum yang berlaku pada generasi sebelumnya," lanjut Dewi Juliani.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut