get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Tuntunan Salat Istisqa untuk Meminta Hujan Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Kamis, 05 Oktober 2023 | 08:49 WIB
header img
Tuntunan Salat Istisqa untuk meminta hujan dengan niat dan tata caranya. Foto ilustrasi: doc. Diskominfo Pemkot Depok

DEPOK, iNewsDepok.id – Tuntunan Salat Istisqa untuk meminta hujan lengkap dengan niat dan tata caranya.  Salat istisqa digelar serentak di berbagai daerah di Indonesia setelah kekeringan berlangsung berbulan-bulan. 

Pemkot Depok misalnya mengeluarkan Surat Edaran untuk Salat Istisqa digelar di kantor-kantor pemerintahan. Salat Istisqa berlangsung pada Rabu (4/10/2023) di berbagai kantor di bawah jajaran Pemkot Depok. 

Tuntunan Salat Istisqa untuk Meminta Hujan Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Salat Istisqa berasal dari  kata al-istisqa yaitu meminta curahan air penghidupan. Salat Istisqa sebagai salat sunnah muakkadah yaitu sunnah yang diutamakan. Tujuannya untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan.

Salat istisqa sudah dilakukan Rasulullah Saw seperti dalam hadis riwayat Abu Hurairah r.a:

خرج النبي صلى الله عليه وسلم يوماً يستسقي فصلى بنا ركعتين بلا أذان ولا إقامة ثم خطبنا ودعا الله عز وجل وحول وجهه نحو القبلة رافعاً يديه ثم قلب ردائه فجعل الأيمن الأيسر والأيسر الأيمن

Artinya: Nabi Muhammad Saw keluar rumah pada suatu hari untuk memohon diturunkan hujan, lalu beliau salat dua rekaat bersama kita tanpa azdan dan iqamat, kemudian beliau berdiri untuk khutbah dan memanjatkan doa kepada Allah Swt dan seketika itu beliau mengalihkan wajahnya (dari semula menghadap ke arah hadirin) menghadap ke kiblat serta mengangkat kedua tangannya, serta membalikkan selendang sorbannya, dari pundak kanan ke pundak kiri, begitupun ujung sorbannya (HR. Imam Ahmad).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut