get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Wow, UI Monumental! Bikin Bus Listrik untuk Acara 20 Negara Terkaya di Dunia

Jum'at, 10 Juni 2022 | 20:14 WIB
header img
Langkah monumental UI membuat bus listrik untuk acara-acara G20 yaitu kelompok 20 negara terkaya di dunia. Indonesia saat ini memegang Presidensi G20 tahun 2022. Penyerahan berlangsung hari ini di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat (Foto: Iyung Rizki)

Menhub Prioritas Produk Lokal

Sementara itu  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah akan memprioritaskan produk dalam negeri dalam belanja APBN dan APBD. Hal tersebut berdasarkan instruksi Presiden tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Menurut Menhub bus menjadi peluang besar bagi produsen dalam negeri. Pasalnya pasar bus bersifat captive market. Ia mencontohkan banyak Pemerintah Daerah yang sudah memiliki armada bus trans kotanya seperti Transjakarta, Trans Solo, Trans JogJa, Trans Deli, Bus Kita dan lainnya. 

“Ini adalah peluang besar bagi Indonesia karena bus listrik yang dihasilkan UI ini tidak hanya produk rancangan dan buatan dalam negeri tetapi juga bermerek nasional. Oleh sebab itu, Pemerintah  perlu menciptakan pasarnya dan memberikan insentif industri, pembeli, dan penggunanya,” kata Menhub.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut