get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Sertifikat Elektronik Dibedah Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan

Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:55 WIB
header img
Ilustrasi Kopi. Foto: Istimewa

Manfaat Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat berbagai macam manfaat kafein untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam batas normal, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Fokus dan Kewaspadaan

Kafein merupakan stimulan alami yang mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan diri. Berkat manfaat kafein ini pula, Anda bisa merasa lebih berenergi dan bersemangat dalam bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak, seperti kemampuan kognitif, ingatan, dan konsentrasi .

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kafein juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker. Hal ini dikarenakan kafein mengandung berbagai antioksidan, seperti asam klorogenat, asam ferulat, dan asam kafeat, yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas . Selain itu, kafein juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah, yang merupakan faktor risiko penyakit kronis tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Khasiat kafein untuk kesehatan tubuh yang lain adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan senyawa kafein bisa mengoptimalkan proses pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga mampu menstimulasi termogenesis, yaitu proses pengubahan makanan menjadi panas dan energi oleh tubuh. Maka dari itu, para pelaku diet disarankan untuk mengonsumsi kafein secukupnya guna membantu mencapai berat badan ideal .

4. Meningkatkan Performa Olahraga

Salah satu manfaat kafein yang sayang jika dilewatkan adalah mampu meningkatkan performa olahraga. Pasalnya, mengonsumsi kafein sekitar satu jam sebelum berolahraga dapat mengoptimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi, sehingga bisa meningkatkan kekuatan otot, stamina, serta daya tahan tubuh selama melakukan latihan fisik. Kafein juga dapat membantu mengurangi rasa lelah dan nyeri otot setelah berolahraga .

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut