get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Sertifikat Elektronik Dibedah Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan

Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:55 WIB
header img
Ilustrasi Kopi. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Kafein adalah senyawa yang dapat bekerja sebagai stimulan, sehingga kerap dikonsumsi untuk membantu meredakan rasa kantuk. Selain itu, konsumsi kafein yang ada pada kopi juga dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Mari kenali manfaat kafein bagi tubuh selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Apa itu Kafein?

Kafein atau kafein adalah senyawa alami yang terkandung di dalam tanaman kopi, teh, dan kakao. Saat dikonsumsi, senyawa ini akan diserap ke aliran darah dan dibawa menuju organ hati (liver) untuk dipecah menjadi senyawa yang dapat memengaruhi fungsi organ-organ tubuh. Kafein merupakan senyawa stimulan, di mana ia akan menghambat reseptor adenosin di otak, sehingga sistem saraf akan menangkap kafein, bukan adenosin. Hal ini bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Kafein ditemukan secara alami dalam berbagai jenis minuman, seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Selain itu, kafein juga ditambahkan ke dalam beberapa jenis makanan, seperti permen, kue, biskuit, dan sereal. Kafein juga terkandung dalam beberapa jenis obat, seperti obat sakit kepala, obat batuk, dan obat pilek.

Manfaat Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat berbagai macam manfaat kafein untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam batas normal, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Fokus dan Kewaspadaan

Kafein merupakan stimulan alami yang mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan diri. Berkat manfaat kafein ini pula, Anda bisa merasa lebih berenergi dan bersemangat dalam bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak, seperti kemampuan kognitif, ingatan, dan konsentrasi .

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kafein juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker. Hal ini dikarenakan kafein mengandung berbagai antioksidan, seperti asam klorogenat, asam ferulat, dan asam kafeat, yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas . Selain itu, kafein juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah, yang merupakan faktor risiko penyakit kronis tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Khasiat kafein untuk kesehatan tubuh yang lain adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan senyawa kafein bisa mengoptimalkan proses pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga mampu menstimulasi termogenesis, yaitu proses pengubahan makanan menjadi panas dan energi oleh tubuh. Maka dari itu, para pelaku diet disarankan untuk mengonsumsi kafein secukupnya guna membantu mencapai berat badan ideal .

4. Meningkatkan Performa Olahraga

Salah satu manfaat kafein yang sayang jika dilewatkan adalah mampu meningkatkan performa olahraga. Pasalnya, mengonsumsi kafein sekitar satu jam sebelum berolahraga dapat mengoptimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi, sehingga bisa meningkatkan kekuatan otot, stamina, serta daya tahan tubuh selama melakukan latihan fisik. Kafein juga dapat membantu mengurangi rasa lelah dan nyeri otot setelah berolahraga .

5. Mengurangi Rambut Rontok

Tidak hanya dikonsumsi, kafein juga terkandung di dalam beberapa produk perawatan rambut karena adanya manfaat kafein dalam mengurangi kerontokan rambut. Kafein yang digunakan di kulit kepala diduga mampu merangsang sirkulasi darah dan memblokir enzim yang berkaitan dengan kerontokan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut akan berkurang dan kesehatan rambut secara keseluruhan bisa meningkat .

6. Meredakan Sembelit

Saat mengalami sembelit, cobalah mengonsumsi minuman berkafein sebagai cara untuk mengatasinya. Pasalnya, kafein mampu meningkatkan kontraksi otot di usus besar sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar. Penelitian mengungkapkan rasa ingin BAB akan langsung terasa dalam jangka waktu 4 menit setelah minum kopi .

7. Mencegah dan Mengobati Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, atau tidak berharga, yang dapat memengaruhi aktivitas dan kualitas hidup seseorang. Kafein dapat mencegah dan mengobati depresi dengan meningkatkan produksi serotonin, yang merupakan neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati, emosi, dan perilaku. Kafein juga dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan kognitif, yang dapat mengurangi gejala depresi .

Anjuran Konsumsi Kafein yang Aman

Untuk mendapatkan manfaat kafein, tubuh membutuhkan asupan kafein yang cukup, yaitu sekitar 200-400 miligram (mg) per hari untuk orang dewasa, dan sekitar 100 mg per hari untuk anak-anak dan remaja. Asupan kafein ini setara dengan 2-4 cangkir kopi, 4-8 cangkir teh, atau 5-10 batang cokelat

Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat berbahaya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan efek samping, seperti:

  • Gelisah, cemas, atau gugup
  • Sulit tidur atau insomnia
  • Sakit kepala atau migrain
  • Jantung berdebar-debar atau aritmia
  • Nyeri perut atau diare
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang
  • Ketergantungan atau kecanduan

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kafein, terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti hipertensi, diabetes, asma, penyakit jantung, penyakit lambung, atau gangguan kecemasan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut