get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Sertifikat Elektronik Dibedah Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan

Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:55 WIB
header img
Ilustrasi Kopi. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Kafein adalah senyawa yang dapat bekerja sebagai stimulan, sehingga kerap dikonsumsi untuk membantu meredakan rasa kantuk. Selain itu, konsumsi kafein yang ada pada kopi juga dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Mari kenali manfaat kafein bagi tubuh selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Apa itu Kafein?

Kafein atau kafein adalah senyawa alami yang terkandung di dalam tanaman kopi, teh, dan kakao. Saat dikonsumsi, senyawa ini akan diserap ke aliran darah dan dibawa menuju organ hati (liver) untuk dipecah menjadi senyawa yang dapat memengaruhi fungsi organ-organ tubuh. Kafein merupakan senyawa stimulan, di mana ia akan menghambat reseptor adenosin di otak, sehingga sistem saraf akan menangkap kafein, bukan adenosin. Hal ini bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Kafein ditemukan secara alami dalam berbagai jenis minuman, seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Selain itu, kafein juga ditambahkan ke dalam beberapa jenis makanan, seperti permen, kue, biskuit, dan sereal. Kafein juga terkandung dalam beberapa jenis obat, seperti obat sakit kepala, obat batuk, dan obat pilek.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut