get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Sertifikat Elektronik Dibedah Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan

Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:55 WIB
header img
Ilustrasi Kopi. Foto: Istimewa

5. Mengurangi Rambut Rontok

Tidak hanya dikonsumsi, kafein juga terkandung di dalam beberapa produk perawatan rambut karena adanya manfaat kafein dalam mengurangi kerontokan rambut. Kafein yang digunakan di kulit kepala diduga mampu merangsang sirkulasi darah dan memblokir enzim yang berkaitan dengan kerontokan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut akan berkurang dan kesehatan rambut secara keseluruhan bisa meningkat .

6. Meredakan Sembelit

Saat mengalami sembelit, cobalah mengonsumsi minuman berkafein sebagai cara untuk mengatasinya. Pasalnya, kafein mampu meningkatkan kontraksi otot di usus besar sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar. Penelitian mengungkapkan rasa ingin BAB akan langsung terasa dalam jangka waktu 4 menit setelah minum kopi .

7. Mencegah dan Mengobati Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, atau tidak berharga, yang dapat memengaruhi aktivitas dan kualitas hidup seseorang. Kafein dapat mencegah dan mengobati depresi dengan meningkatkan produksi serotonin, yang merupakan neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati, emosi, dan perilaku. Kafein juga dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan kognitif, yang dapat mengurangi gejala depresi .

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut