get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

5 Tips Minum Kopi di Pagi Hari Tanpa Efek Samping, Tidak Boleh Konsumsi Saat Perut Kosong

Kamis, 10 Agustus 2023 | 08:33 WIB
header img
Inilah 5 tips minum kopi di pagi hari tanpa efek samping yang perlu diketahui. Foto ilustrasi: Freepik/senivpetro

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 5 tips minum kopi di pagi hari tanpa efek samping yang perlu diketahui. Terutama bagi penggemar minuman berwarna hitam yang seringkali memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi.

Kopi memang telah menjadi perdebatan sejak dulu, karena minuman paling popular di seluruh dunia ini mengandung kafein. Kopi disebutkan bisa menimbulkan efek samping bila dikonsumsi di pagi hari, tapi di sisi lain banyak orang yang tidak bisa memulai hari tanpa kopi.

Cara sehat minum kopi di pagi hari perlu diperhatikan karena kopi bersifat asam, yang mungkin memiliki efek samping pada pencernaan. Kopi memang membantu memulai hari secara instan, tapi mengonsumsinya saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Salah satu efek samping yang sering disebutkan akibat konsumsi kafein di pagi hari adalah dehidrasi dan masalah usus. Karena itu tidak dianjurkan konsumsi kopi saat perut dalam keadaan kosong, mengapa demikian?

Berikut alasan tidak boleh konsumsi kopi saat perut kosong, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Food NDTV pada Kamis (10/8/2023):

Tidak Boleh Konsumsi Kopi Saat Perut Kosong

  1. Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Seseorang bangun di pagi hari dengan perut kosong, tetapi itu tidak menghentikan usus memproduksi asam dan enzim. Kafein hanya mempercepat prosesnya, melepaskan kelebihan asam, sehingga menyebabkan perut kembung, konstipasi dan memperlambat proses metabolisme.

  1. Memengaruhi kadar gula darah

Kafein diketahui menurunkan sensitivitas insulin. Minum kopi di pagi hari dapat menyebabkan kadar gula darah tidak seimbang sepanjang hari.

  1. Dapat menambah stres

Kafein dapat memengaruhi hormon secara langsung, sehingga menyebabkan stres dan ketidaknyamanan pada tubuh. Selanjutnya, akan membuat kita merasa kesal.

  1. Dapat menyebabkan peradangan

Dengan melambatnya proses metabolisme akibat kafein, maka tubuh berhenti membuang racun sehingga menyebabkan peningkatan stres oksidatif. Selanjutnya, dapat memengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut