get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Rumah Budaya Depok, Upaya Tokoh Depok Hidupkan Kembali Budaya Depok

Minggu, 24 Desember 2023 | 08:36 WIB
header img
Baba Ahmad Dahlan dan Mpok Nina Suzana, tokoh Depok yang tergabung dalam organisasi seni budaya Kumpulan Orang-Orang Depok. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Depok dikenal kaya seni budaya. Namun di tengah derasnya pengaruh budaya luar dan sekeliling, budaya Depok perlahan tenggelam dan terancam lenyap.

Kondisi tersebut membuat para tokoh Depok gundah gulana. Merasa punya kewajiban terhadap leluluhurnya dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Depok  serta mengenalkan pada generasi penerus, tokoh budaya Depok rutin berkumpul di Rumah Budaya Depok.

iNews Depok, Kamis (21/12/2023) berkunjung ke Rumah Budaya Depok yang terletak di Jalan Keadilan, Kampung Rawa Denok No 44, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok.

Kebetulan saat itu para tokoh budaya Depok yang tergabung dalam Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) tengah berkumpul untuk membahas kegiatan seputar budaya Depok di tahun 2024.

Mereka diantaranya  Baba Ahmad Dahlan dan Mpok Nina Suzana. Keduanya adalah pentolan Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD). Baba Ahmad Dahlan menjabat Ketua KOOD, sedangkan Mpok Nina Suzana sebagai Sekretaris Umum KOOD.

Rumah Budaya Depok berada dalam sebuah kawasan yang asri. Terdapat 4 bangunan yang terbuat dari kayu.

3 bangunan berbentuk rumah yang mengelilingi satu bangunan yang disebut Blandongan yang berfungsi seperti Paseban untuk orang-orang berkumpul.

Baba Ahmad Dahlan mengakui upaya untuk menghidupkan budaya Depok tak mudah. Saat masih menjadi bagian dari Kabupaten Bogor, pengaruh budaya Sunda terutama di sekolah-sekolah sangat kental.

”Padahal dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang Depok menjalankan budaya Betawi,” kata Baba Dahlan yang mengenakan baju pangsi Depok.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut