get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

AI Jadi Ancaman Dunia, Elon Musk dan Pencipta ChatGPT Hadiri Pertemuan di Inggris

Rabu, 01 November 2023 | 14:37 WIB
header img
Rishi Sunak akan berkesempatan untuk mengobrol dengan Elon Musk dan Sam Altman selama pertemuan puncak. Foto: Reuters/AP.

DEPOK, iNewsDepok.idKecerdasan buatan (AI )jadi ancaman dunia.  Elon Musk dan pera  pencipta ChatGPT menghadiri pertemuan di Inggris.

Rishi Sunak telah diperingatkan untuk tidak mengabaikan ancaman “di sini dan saat ini” terhadap pekerjaan manusia yang disebabkan oleh kecerdasan buatan, ketika Elon Musk dan pencipta jet ChatGPT menghadiri pertemuan.

Bletchley Park akan menyambut lebih dari 100 tokoh politik dan bisnis mulai hari ini, termasuk orang-orang seperti Sam Altman dari OpenAI, Demis Hassabis dari Google DeepMind, dan miliarder Musk.

Wakil Presiden AS Kamala Harris, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dan yang kontroversial, seorang Menteri Teknologi Tiongkok juga hadir; meskipun Justin Trudeau dari Kanada, Emmanuel Macron dari Prancis, dan Olaf Scholz dari Jerman.

Acara dua hari tersebut, yang diadakan di markas para pemecah kode di Inggris pada Perang Dunia Kedua, merupakan pertemuan puncak global pertama mengenai keamanan AI dan perdana menteri berharap hal ini akan membantu membentuk perkembangannya.

Laporan menunjukkan bahwa ia akan menggunakan diskusi pada pertemuan puncak tersebut sebagai dasar bagi dewan penasihat global untuk regulasi AI, yang meniru Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

Namun setelah pidatonya pekan lalu, di mana ia berbicara tentang ancaman distopia seperti teroris yang mengembangkan senjata biologis dan umat manusia yang kehilangan kendali atas AI, Sunak telah diperingatkan untuk tidak mengabaikan bahaya yang lebih besar saat ini.

Mary Towers, pejabat hak ketenagakerjaan di TUC, dilansir dari Sky News: "Kami tidak mengatakan pemerintah tidak boleh mengatasi risiko-risiko hipotetis di masa depan - namun hal ini tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan penanganan kerugian yang ada."

PM 'memeras' suara-suara marginal

Serikat pekerja TUC adalah salah satu dari lusinan pakar dan organisasi yang menandatangani surat kepada Sunak minggu ini, menuduhnya telah "meminggirkan" mereka yang paling berisiko terkena dampak AI.

Dikatakan bahwa usaha kecil dan kreatif, yang merupakan kelompok paling vokal dalam keprihatinan mereka terhadap AI, merasa “terjepit” dan “terkekang” oleh kekuatan dan pengaruh perusahaan teknologi besar.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut