get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

AI Jadi Ancaman Dunia, Elon Musk dan Pencipta ChatGPT Hadiri Pertemuan di Inggris

Rabu, 01 November 2023 | 14:37 WIB
header img
Rishi Sunak akan berkesempatan untuk mengobrol dengan Elon Musk dan Sam Altman selama pertemuan puncak. Foto: Reuters/AP.

Ms Towers menuduh perdana menteri mengumpulkan "kelompok berkepentingan sempit" untuk pertemuan puncak tersebut, yang juga akan menampung para eksekutif dari raksasa teknologi seperti Meta dan Tencent.

Dalam sebuah surat terbuka yang dikoordinasikan oleh TUC, lebih dari 100 organisasi mencap pertemuan puncak AI sebagai “peluang yang terlewatkan”, dengan mengatakan: “Bagi jutaan orang di Inggris dan di seluruh dunia, risiko dan bahaya AI tidak jauh lagi – mereka dirasakan di sini dan saat ini."

Regulasi 'sangat dibutuhkan'

Menjelang pertemuan puncak, perdana menteri mengumumkan investasi sebesar £100 juta pada alat AI untuk meneliti pengobatan kanker dan demensia baru – menjawab seruan dari para ahli bedah yang percaya bahwa NHS harus memanfaatkan teknologi tersebut .

Pemerintah juga memberikan komitmen £2 juta untuk membantu sekolah mengadopsi AI, seperti membantu guru merencanakan pembelajaran.

Dan awal pekan ini, The Telegraph melaporkan bahwa pemerintah sedang menguji chatbot bergaya ChatGPT yang dapat menjawab pertanyaan masyarakat tentang tunjangan, perumahan, dan pajak.

Namun satu dari tiga warga Inggris khawatir teknologi tersebut akan mengambil alih pekerjaan mereka, menurut data yang dirilis minggu ini.

Pekerja administrasi, layanan pelanggan, dan sekretaris adalah yang paling khawatir, kata Kantor Statistik Nasional.

Ms Towers mengatakan undang-undang “sangat diperlukan” untuk mengatasi masalah redundansi, dan memaksa pengusaha untuk transparan terhadap pekerja tentang bagaimana mereka berencana menggunakan AI.

Badan-badan termasuk Asosiasi Penerbit dan Masyarakat Penulis juga telah meminta Sunak untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap AI yang dilatih tentang materi berhak cipta, hal ini juga sejalan dengan kekhawatiran industri kreatif lainnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut