get app
inews
Aa Read Next : Seminar Cyber Education Ungkap Peran Strategis Kecerdasan Buatan dalam Dunia Bisnis

AI Akan Dominasi CES 2024, Bahkan Tanpa Altman dari OpenAI

Jum'at, 05 Januari 2024 | 10:38 WIB
header img
CES sendiri adalah pameran dagang tahunan yang diselenggarakan oleh Consumer Technology Association. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Bos OpenAI Sam Altman tidak akan muncul di pameran dagang CES di Las Vegas minggu depan. Namun demam kecerdasan buatan generatif yang dipicu oleh startupnya tahun lalu akan terlihat jelas ketika para pembuat gadget berlomba untuk menemukan kegunaan teknologi tersebut bagi konsumen.

Melansir Reuters (5/1/2024), Mulai dari perangkat untuk tunanetra, sistem keselamatan yang melibatkan senjata api di sekolah, hingga perangkat lunak pengenalan wajah yang dapat menilai tanda-tanda vital, dan sistem pemantauan kabin di dalam mobil otonom, lusinan perusahaan telah merencanakan pengumuman untuk acara tersebut tentang bagaimana mereka membangun AI menjadi gadget mereka.

CES 2024, yang sebelumnya dikenal sebagai Consumer Electronics Show, berlangsung pada 9-12 Januari.

Pengaruh OpenAI di acara tersebut meskipun Altman tidak hadir secara fisik mengingatkan kita pada Apple dan pendirinya Steve Jobs, yang pengaruhnya tetap terasa meskipun dia menghindari acara tersebut, dengan banyak perusahaan berebut untuk menampilkan gadget yang kompatibel dengan produk ramping perusahaan tersebut.

Altman secara luas dianggap sebagai contoh dari kegilaan AI yang melanda industri teknologi selama setahun terakhir. Dia menjadi berita utama pada bulan November ketika dia digulingkan sebentar oleh dewan pembuat ChatGPT, dan dipekerjakan kembali beberapa hari kemudian setelah lebih dari 700 karyawan mengancam untuk berhenti dan bergabung dengan investor OpenAI Microsoft sebagai solidaritas.

Sementara itu, Di antara proyek-proyek lainnya, OpenAI sedang mengerjakan proyek perangkat keras AI rahasia dengan mantan desainer Apple terkenal Jony Ive, menurut laporan media.

Pendanaan untuk proyek AI generatif meledak tahun lalu, melonjak lebih dari lima kali lipat menjadi $23,78 miliar hingga awal Desember mulai tahun 2022, menurut data PitchBook.

“Ini adalah tahun AI dalam segala hal,” kata Maribel Lopez, analis teknologi di Lopez Research. “Jika Anda tidak memiliki AI dalam produk Anda, jangan muncul, itu tidak layak untuk dibicarakan.”

Bosch dari Jerman diperkirakan akan memamerkan sistem pendeteksi senjata yang hampir tidak terlihat yang akan memasangkan AI video dan audio untuk keamanan proaktif yang melibatkan senjata api di sekolah. NEC Jepang akan mengungkap perangkat lunak AI yang memungkinkan perangkat seluler menganalisis pola wajah dan kondisi pupil untuk memperkirakan kondisi vital dan mental manusia.

Sejumlah perusahaan diperkirakan akan menunjukkan bagaimana penggunaan AI pada kendaraan menjadikan kendaraan lebih lancar dan aman bagi pengemudi melalui asisten virtual di dalam kendaraan dan monitor kabin yang lebih baik.

Area fokus baru bagi para pembuat mobil setelah bertahun-tahun berinvestasi dalam teknologi otonom yang menggunakan AI adalah teknologi yang memungkinkan pengalaman yang "sangat dipersonalisasi" saat membeli dan mengendarai mobil, kata Akash Arora, direktur pelaksana di Boston Consulting Group.

"Mereka mencoba mencari tahu 'jika saya bisa mencapai tingkat pengalaman pelanggan seperti ini, maka hal itu benar-benar dapat membedakan saya di pasar,'" katanya tentang perusahaan-perusahaan di industri otomotif.

Misalnya, Cerence, yang membuat asisten virtual bertenaga AI, akan mengumumkan kemitraan dengan Volkswagen, dan Cipia yang berbasis di Israel diperkirakan akan mengungkap sistem yang memantau tanda-tanda gangguan dan kantuk pada pengemudi. Amazon.com mengatakan akan mengumumkan kemitraan AI generatif dengan BMW, tetapi menolak memberikan rincian sebelum pertunjukan.

Banyak pembuat mobil juga mengadopsi AI dalam berbagai tahap produksi untuk mengurangi biaya, kata Wendy Bauer, wakil presiden otomotif dan manufaktur di Amazon Web Services, yang menghitung BMW dan Toyota sebagai pelanggannya. AI dapat membantu produsen mobil menghemat uang dengan mempercepat pengembangan kendaraan dan memastikan pemeriksaan kualitas yang lebih baik selama produksi, katanya.

Produsen PC dan ponsel pintar juga kemungkinan besar akan menunjukkan bagaimana produk mereka menggunakan AI, yang diyakini oleh para pembuat chip termasuk Intel dan AMD akan menawarkan aliran pendapatan baru. Microsoft mengatakan pada hari Kamis bahwa PC dengan tombol AI baru pada keyboard Windows akan dipajang di pameran tersebut.

Namun tidak jelas apakah konsumen akan membayar ekstra untuk kemampuan AI di komputer mereka karena perkembangan ini melakukan tugas yang kurang jelas dibandingkan bot ChatGPT OpenAI.

“Konsumen menyukai ChatGPT, namun manfaat konsumen dari memilikinya di perangkat masih belum jelas,” kata Jay Goldberg, kepala eksekutif D2D Advisory. "Itulah mengapa semua orang akan membicarakannya - karena semua orang berebut untuk mendapatkan manfaat bagi konsumen."

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut