get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

AI Jadi Ancaman Dunia, Elon Musk dan Pencipta ChatGPT Hadiri Pertemuan di Inggris

Rabu, 01 November 2023 | 14:37 WIB
header img
Rishi Sunak akan berkesempatan untuk mengobrol dengan Elon Musk dan Sam Altman selama pertemuan puncak. Foto: Reuters/AP.

DEPOK, iNewsDepok.idKecerdasan buatan (AI )jadi ancaman dunia.  Elon Musk dan pera  pencipta ChatGPT menghadiri pertemuan di Inggris.

Rishi Sunak telah diperingatkan untuk tidak mengabaikan ancaman “di sini dan saat ini” terhadap pekerjaan manusia yang disebabkan oleh kecerdasan buatan, ketika Elon Musk dan pencipta jet ChatGPT menghadiri pertemuan.

Bletchley Park akan menyambut lebih dari 100 tokoh politik dan bisnis mulai hari ini, termasuk orang-orang seperti Sam Altman dari OpenAI, Demis Hassabis dari Google DeepMind, dan miliarder Musk.

Wakil Presiden AS Kamala Harris, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dan yang kontroversial, seorang Menteri Teknologi Tiongkok juga hadir; meskipun Justin Trudeau dari Kanada, Emmanuel Macron dari Prancis, dan Olaf Scholz dari Jerman.

Acara dua hari tersebut, yang diadakan di markas para pemecah kode di Inggris pada Perang Dunia Kedua, merupakan pertemuan puncak global pertama mengenai keamanan AI dan perdana menteri berharap hal ini akan membantu membentuk perkembangannya.

Laporan menunjukkan bahwa ia akan menggunakan diskusi pada pertemuan puncak tersebut sebagai dasar bagi dewan penasihat global untuk regulasi AI, yang meniru Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

Namun setelah pidatonya pekan lalu, di mana ia berbicara tentang ancaman distopia seperti teroris yang mengembangkan senjata biologis dan umat manusia yang kehilangan kendali atas AI, Sunak telah diperingatkan untuk tidak mengabaikan bahaya yang lebih besar saat ini.

Mary Towers, pejabat hak ketenagakerjaan di TUC, dilansir dari Sky News: "Kami tidak mengatakan pemerintah tidak boleh mengatasi risiko-risiko hipotetis di masa depan - namun hal ini tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan penanganan kerugian yang ada."

PM 'memeras' suara-suara marginal

Serikat pekerja TUC adalah salah satu dari lusinan pakar dan organisasi yang menandatangani surat kepada Sunak minggu ini, menuduhnya telah "meminggirkan" mereka yang paling berisiko terkena dampak AI.

Dikatakan bahwa usaha kecil dan kreatif, yang merupakan kelompok paling vokal dalam keprihatinan mereka terhadap AI, merasa “terjepit” dan “terkekang” oleh kekuatan dan pengaruh perusahaan teknologi besar.

Ms Towers menuduh perdana menteri mengumpulkan "kelompok berkepentingan sempit" untuk pertemuan puncak tersebut, yang juga akan menampung para eksekutif dari raksasa teknologi seperti Meta dan Tencent.

Dalam sebuah surat terbuka yang dikoordinasikan oleh TUC, lebih dari 100 organisasi mencap pertemuan puncak AI sebagai “peluang yang terlewatkan”, dengan mengatakan: “Bagi jutaan orang di Inggris dan di seluruh dunia, risiko dan bahaya AI tidak jauh lagi – mereka dirasakan di sini dan saat ini."

Regulasi 'sangat dibutuhkan'

Menjelang pertemuan puncak, perdana menteri mengumumkan investasi sebesar £100 juta pada alat AI untuk meneliti pengobatan kanker dan demensia baru – menjawab seruan dari para ahli bedah yang percaya bahwa NHS harus memanfaatkan teknologi tersebut .

Pemerintah juga memberikan komitmen £2 juta untuk membantu sekolah mengadopsi AI, seperti membantu guru merencanakan pembelajaran.

Dan awal pekan ini, The Telegraph melaporkan bahwa pemerintah sedang menguji chatbot bergaya ChatGPT yang dapat menjawab pertanyaan masyarakat tentang tunjangan, perumahan, dan pajak.

Namun satu dari tiga warga Inggris khawatir teknologi tersebut akan mengambil alih pekerjaan mereka, menurut data yang dirilis minggu ini.

Pekerja administrasi, layanan pelanggan, dan sekretaris adalah yang paling khawatir, kata Kantor Statistik Nasional.

Ms Towers mengatakan undang-undang “sangat diperlukan” untuk mengatasi masalah redundansi, dan memaksa pengusaha untuk transparan terhadap pekerja tentang bagaimana mereka berencana menggunakan AI.

Badan-badan termasuk Asosiasi Penerbit dan Masyarakat Penulis juga telah meminta Sunak untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap AI yang dilatih tentang materi berhak cipta, hal ini juga sejalan dengan kekhawatiran industri kreatif lainnya.

Namun Sunak telah menyatakan kewaspadaannya terhadap peraturan , dengan mengatakan bahwa hal itu akan menghambat inovasi.

Daripada menyarankan undang-undang baru, pemerintah mengatakan akan bersandar pada regulator yang ada untuk menegakkan prinsip-prinsip seputar keselamatan dan transparansi.

Negara-negara lain juga melangkah lebih jauh, dengan Presiden AS Joe Biden mengumumkan batasanuntuk mengatasi masalah mulai dari keamanan kerja dan diskriminasi hingga kepalsuan dan informasi yang salah.

UE dan Tiongkok juga telah meluncurkan peraturan AI yang mereka usulkan. 

Kriti Sharma, pendiri AI For Good UK mengatakan, bisnis perlu mengetahui bahwa mereka dapat mempercayai AI, dan menyerukan peraturan yang memastikan model-model baru dilatih menggunakan sumber data tepercaya.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Infinum mengungkapkan lebih dari tiga perempat perusahaan Inggris berencana berinvestasi pada AI pada tahun depan, namun 73% mengaku tidak siap untuk benar-benar mengintegrasikannya ke dalam operasi mereka.

Ms Sharma mengatakan pemerintah harus memastikan tidak ada yang tertinggal.

“Kita harus memperjuangkan perlunya menciptakan pendidikan dasar AI untuk semua orang,” katanya.

“Peluang baru akan muncul, dan saya ingin Inggris menjadi yang terdepan dalam menciptakan tenaga kerja yang siap dengan AI.”

KTT ini akan ditutup pada hari Kamis dengan Sunak memberikan pidato yang menguraikan apa yang telah disepakati oleh para peserta.

Diskusinya dengan Musk tentang X akan dilakukan setelahnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut