get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Kulit Buah yang Membuat Kulit Glowing, Berikut Cara Memanfaatkannya

8 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, dari Melindungi Kulit hingga Menangkal Penyakit Kronis

Sabtu, 15 Juli 2023 | 10:46 WIB
header img
Inilah penjelasan mengenai 8 manfaat tomat bagi kesehatan, mulai dari melindungi kulit hingga menangkal penyakit kronis. Foto ilustrasi: Freepik/stockking
  1. Menjaga kesehatan mata

Bersama likopen, tomat terdiri dari karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak. Menurut Michigan State University Extension, Vitamin A pada tomat adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula, serta mencegah rabun senja.

  1. Menjaga tetap terhidrasi

Menurut Rachel Jones, TDN, wakil presiden dan kepala nutrisi GNC, tomat mengandung sekitar 94 persen air, yang membuatnya sangat menghidrasi. Berdasarkan Institut Nasional Kesehatan (NIH), tomat juga mengandung potasium 292 mg per satu buah tomat sedang, elektrolit yang mendukung hidrasi yang tepat dengan membantu menjaga volume cairan intraseluler.  

  1. Mengandung antioksidan Vitamin C

Menurut USDA, satu cangkir tomat cincang menyediakan sekitar 27 persen dari nilai Vitamin C harian yang direkomendasikan. NIH mengungkapkan antioksidan mendukung fungsi kekebalan dan produksi kolagen, mengurangi inflamasi, dan membantu melawan penyakit akibat kerusakan radikal bebas dan penuaan.

Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi. Jadi, konsumsi tomat dengan protein tanpa lemak kaya zat besi seperti kacang, lentil, tofu, ayam tanpa kulit, kalkul, serta lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian mengoptimalkan nutrisi yang didapat.

  1. Bermanfaat untuk usus

Sebuah ulasan biologi (basel) pada Februari 2022, menyebut knsumsi tomat membantu mendiversifikasi mikrobioma usus yang dapat menjaga keseimbangan pencernaan dan sistem kekebalan yang optimal.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut