get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Kulit Buah yang Membuat Kulit Glowing, Berikut Cara Memanfaatkannya

8 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, dari Melindungi Kulit hingga Menangkal Penyakit Kronis

Sabtu, 15 Juli 2023 | 10:46 WIB
header img
Inilah penjelasan mengenai 8 manfaat tomat bagi kesehatan, mulai dari melindungi kulit hingga menangkal penyakit kronis. Foto ilustrasi: Freepik/stockking

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah penjelasan mengenai 8 manfaat tomat bagi kesehatan, mulai dari melindungi kulit hingga menangkal penyakit kronis. Buah berwarna merah segar tidak hanya nikmat disantap, sebagai lalapan atau campuran masakan, tetapi juga bermanfaat kesehatan yang melimpah.

Satu buah tomat ukuran sedang mengandung 1 gram serat dan 22 kalori. Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), tomat mengandung potasium, Vitamin A, dan antioksidan likopen.

Tomat memiliki keistimewaan memiliki kandungan air tertinggi atau paling menghidrasi. Berdasarkan UCLA Health, 94 persen tomat lebih menghidrasi daripada semangka.

Umumnya tomat dikonsumsi secara segar, kalengan ataupun dalam bentuk produk seperti pasta atau saus. Produk dari tomat mudah dibuat dan sebaiknya dimasukkan dalam menu mingguan.

Menurut Jennifer Christman, RDN, direktur nutrisi klinis Optavia, pasta tomat memiliki nutrisi yang lebih terkonsentrasi daripada yang mentah atau kalengan. Berdasarkan penelitian, memasak tomat segar misalnya menjadi saus atau pasta dapat memberikan hasil yang serupa dengan menghilangkan kandungan airnya.

“Jika memilih produk olahan tomat, carilah yang tanpa tambahan gula, garam dan minyak jika memungkinkan,” ucap Christman, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Everyday Health, pada Sabtu (15/7/2023).

Lantas apa saja manfaat tomat bagi kesehatan? Berikut ini penjelasan mengenai 8 manfaat tomat bagi kesehatan:

8 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

  1. Membantu menggandakan perlindungan terhadap sinar matahari

Menurut MedlinePlus, tomat kaya kandungan karoten likopen, pigmen yang larut dalam lemak yang memberi warna merah pada tomat. Likopen bermanfaat untuk melindungi dari stres oksidatif, termasuk kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut