get app
inews
Aa Read Next : 5 Langkah Atasi Asam Lambung Naik

5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah, Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 18 Juni 2023 | 09:22 WIB
header img
Mengapa sering sakit perut setelah makan buah? Inilah 5 penyebab sakit perut setelah makan buah yang perlu diketahui, berikut dengan cara mengatasinya. Foto ilustrasi: Freepik/benzoix

Dokter akan mendiagnosis apakah seseorang seseorang mengalami intoleransi makanan atau sensitivitas. Kita bisa mengatasi gejala seperti sakit perut setelah makan buah dengan mengurangi makanan pemicu, menurut Klinik Cleveland.

  1. Memiliki alergi makanan

Meski jarang, kemungkinan penyebab rasa mual setelah makan buah adalah memiliki alergi. Mayo Clinic mengatakan reaksi alergi terhadap makanan dapat menyebabkan gejala seperti mulut gatal, gatal-gatal atau eksim, pembengkakan pada bibir, wajah, lidah, tenggorokan atau bagian tubuh lain, sakit perut, diare, mual atau muntah, serta pusing-pusing atau pingsan.

Alergi makanan tidak sama dengan intoleransi makanan atau sensitivitas terhadap makanan. Intoleransi makanan cenderung menyebabkan masalah pencernaan, sedangkan reaksi alergi seringkali berkaitan dengan pernapasan atau kulit.

Karena itu, ungkapkan pada dokter jika mengalami reaksi alergi makan buah. Menurut Klinik Mayo, jika buah tertentu menjadi pemicu maka untuk mencegahnya dengan menghindarinya.

Penderita alergi makan dapat mengalami reaksi alergi ekstrem yang disebut anafilaksis, yaitu tenggorokan membengkan dan membatasi pernapasan. Jika terjadi makan segera cari perawatan medis.

  1. Mengalami refluks asam

Seseorang mengalami refluks asam, ketika asam di lambung naik hingga tenggorokan, yang menurut Klinik Cleveland, beberapa buah-buahan dan makanan lain dapat menyebabkan gejala yang berat.

Seseorang dengan refluks asam kronis disebut juga GERD (gastroesophageal reflux disease), dapat merasakan gejala setelah makan makanan asam, pedas atau gorengan, seperti nyeri dada terbakar, perasaan makanan tersangkut di tenggorokan, batuk, nyeri dada, kesulitan menelan, sakit tenggorokan dan suara serak.

Menurut Klinik Cleveland, berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari penyebab GERD yaitu tomat dan makanan berbahan dasar tmat, lemon, jeruk nipis, jeruk, dan anggur.

Jika mengalami refluks asam setelah makan buah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat mengurangi asam, serta sebaiknya kita juga menghindari makanan pemicunya.

Itulah 5 penyebab sakit perut setelah makan buah yang perlu diketahui, berikut dengan cara mengatasinya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut