get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

5 Langkah Atasi Asam Lambung Naik

Rabu, 17 Mei 2023 | 11:23 WIB
header img
Ilustrasi sakit perut hingga asam lambung naik ke kerongkongan. Foto: Freepik/jcomp

JAKARTA, iNewsDepok.id - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Normalnya, pH asam lambung berkisar antara 1 – 3, namun jika lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, gangguan lambung pun terjadi hingga menimbulkan kondisi tubuh yang sangat tidak nyaman bagi penderita dan juga mengganggu kegiatan dalam sehari hari.

Asam lambung yang sering terjadi dapat menimbulkan sensasi terbakar pada dada dan tenggorokan (heartburn). Dalam artian, otot cincin lambung (sfingter), yaitu katup penahan asam agar tetap di lambung, tidak berfungsi normal. Hal ini mengakibatkan penderita berisiko mengalami penyakit asam lambung atau penyakit GERD.

Dengan demikian, pentingnya mengetahui pertolongan pertama saat mengalami Asam lambung naik, rasa yang tidak nyaman karena asam lambung naik ini dapat memburuk jika tidak ditangani dengan baik. 

Beberapa langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik, yaitu :

1. Lakukan Teknis Nafas Pursed Lip.

Bernapas dengan teknik pursed-lip adalah pertolongan pertama saat asam lambung naik dan sesak napas yang bisa dicoba saat mengalami asam lambung naik hingga sesak nafas. Cara mengatasai sesak napas karena asam lambung yang satu ini bertujuan untuk memperlambat penapasan, sehingga penderita tidak bekerja terlalu keras setiap kali menarik dan mengembuskan napas.

Teknik pernafasan ini juga membantu penderita mengeluarkan udara di paru-paru dengan lebih maksimal, sehingga udara yang masuk menjadi lebih banyak. Untuk melakukan teknik bernapas ini, tarik napas melalui hidung selama 2 detik dengan mulut tertutup. Lalu, kerucutkan bibir seperti akan bersiul dan embuskan udara melalui mulut selama 4 detik. Ulangi teknik bernapas ini selama beberapa kali sampai sesak napas mereda.

2. Melonggarkan Pakaian yang di Kenakan.

Saat asam lambung naik, dianjurkan untuk mengendurkan ikat pinggang atau melepas kancing celana yang digunakan. Ini karena salah satu pemicu asam lambung naik adalah tekanan pada perut akibat dari penggunaan pakaian atau celana yang terlalu ketat.

3. Menegakkan posisi duduk

Jika asam lambung naik saat sedang berbaring, cobalah untuk bangun dan duduk tegak. Postur tubuh yang tegak bisa mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga menghentikan naiknya asam lambung.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut