get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah, Ini Cara Mengatasinya

6 Makanan Terbaik untuk Melancarkan Pencernaan, Nomor 3 Kombucha

Minggu, 08 Januari 2023 | 22:21 WIB
header img
Makanan yang mampu membantu melancarkan pencernaan. (foto: istock)

DEPOK, iNewsDepok.id – Salah satu bagian terpenting dalam kesehatan tubuh adalah sehatnya saluran pencernaan. Karena saluran pencernaan bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan limbah.

Saluran pencernaan memang memainkan peran penting untuk kesehatan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menderita masalah pencernaan seperti kembung, kram, gas, sakit perut, diare dan sembelit karena berbagai alasan.

Ada beberapa kondisi tertentu yang dapat membahayakan, seperti Iritable Bowel Syndrome (IBS), Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), Chron’s Disease, divericulitis dan mulas yang dapat menambah risiko mengalami masalah pencernaan yang lebih serius.

Salah satu cara mengatasi masalah pencernan adalah dengan konsumsi makan-makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan, seperti makanan yang mengandung serat tinggi atau makanan yang kaya kan probiotik.

Melansir dari healthline, berikut adalah 6 makanan terbaik untuk melancarkan penernaan:

1. Yoghurt

Yoghurt terbuat dari susu yang telah difermentasi, biasanya oleh bakteri asam laktat. Produk olahan susu ini mengandung bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan dan dapat membantu meningkatkan pencernaan juga menjaga usus tetap sehat. Probiotik secara alami ada di dalam tubuh dan asupan yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu melancarkan pencernaan, seperti kembung, sembelit dan diare.

2. Biji Chia

Biji chia merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik yang dapat menyebablan terbentuknya zat seperti gelatin di perut setelah di konsumsi. Zat seperti gelatin ini bekerja sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus dan  berkontribusi pada pencernaan yang sehat.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut