get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan Sebabkan Gangguan Lambung, Nomor 1 Makan Terlalu Cepat

Penderita Sakit Asam Lambung Sebaiknya Hindari Minuman Ini

Selasa, 22 November 2022 | 18:30 WIB
header img
Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id – Gerd merupakan penyakit yang terjadi pada pencernaan manusia. Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus).

Penyakit maag hanya terjadi di lambung saja dengan gejala seperti nyeri ulu hati, begah, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan sendawa. Sedangkan Gerd adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau balik arah. Gejala utama Gerd adalah rasa panas di dada dan mulut terasa pahit.

Gerd menyebabkan gejala yang berbeda pada orang yang berbeda. Gaya hidup dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga sangat berpengaruh.

Beberapa makanan dan minuman lebih mungkin memicu gejalanya daripada yang lain. Menghindari minuman-minuman ini mungkin akan mengurangi risiko kambuh gerd.

Melansir dari Health Central, ini minuman yang harus dihindari penderita asam lambung.

1. Minuman berlemak tinggi


Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung. (foto: freepik)

Diet sangat berpengaruh pada gerd, walaupun pendapat para ahli sangat bertentangan. Namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan makanan dan minuman berlemak tinggi berkaitan dengan memburuknya gerd.

2. Minuman beralkohol


Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung. (foto: freepik)

Alkohol berdampak buruk pada asam lambung. Mengnsumsi alkohol secara berlebihan dapat menjadi faktor risiko memburuknya gerd dan menyebabkan kerusakan mukosa di lambung dan kerongkongan.

3. Minuman bersoda


Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung. (foto: freepik)

Minum-mnuman manis dan bersoda juga bisa menjadi faktor risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mulut yang membuat gigi terpapar asam lambung. Seiring berjalannya waktu, paparan asam lambung ini bisa merusak gigi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut