get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah, Ini Cara Mengatasinya

5 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan, Sebabkan Masalah Pencernaan hingga Batu Ginjal

Senin, 30 Januari 2023 | 07:50 WIB
header img
5 buah yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan, mengapa? Foto: Freepik/KamranAydinov

DEPOK, iNewsDepok.id - Makanan berserat seperti buah-buahan memang dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Namun, beberapa buah-buahan tidak dianjurkan konsumsi berlebihan karena justru akan menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa buah mengandung gula alami dan beberapa jenisnya cukup tinggi kalori, sehingga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

WHO dan Kemenkes menganjurkan dalam sehari sebaiknya konsumsi sedikitnya 150 gram buah, yang artinya mendapatkan 150 kalori dan 30 gram karbohidrat, demikian dikutip dari Halo Sehat.

Satu porsi buah setara dengan 1 buah apel merah kecil atau 1 buah jeruk medan sedang atau 1 potong melon atau 1 buah pisang ambon kecil.

Lantas buah apa saja yang tidak dianjurkan konsumsi berlebihan? Berikut 5 buah yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti dilansir dari Webmd, pada Senin (30/1/2023):

  1. Jeruk

Jeruk buah favorit banyak orang yang mengandung Vitamin C, mineral dan serat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun jika buah ini dikonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya untuk lambung. Pasalnya, serat di dalam jeruk juga bisa memicu sembelit.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut