get app
inews
Aa Read Next : 5 Langkah Atasi Asam Lambung Naik

5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah, Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 18 Juni 2023 | 09:22 WIB
header img
Mengapa sering sakit perut setelah makan buah? Inilah 5 penyebab sakit perut setelah makan buah yang perlu diketahui, berikut dengan cara mengatasinya. Foto ilustrasi: Freepik/benzoix

DEPOK, iNewsDepok.id - Mengapa sering sakit perut setelah makan buah? Inilah 5 penyebab sakit perut setelah makan buah yang perlu diketahui, berikut dengan cara mengatasinya.

Buah adalah makanan alami yang bergizi dan rasanya enak, sehingga dianjurkan banyak makan buah dan sayur. Berdasarkan Harvard T.H. Chan School of Public Health, pola makan yang kaya tumbuhan alami dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Tapi pada beberapa orang sering mengalami sakit perut setelah makan buah, bersamaan dengan gejala masalah pencernaan lainnya. Mengapa demikian?

Berikut 5 penyebab sakit perut setelah makan buah, berikut cara mengatasinya, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Livestrong pada Minggu (18/6/2023):

5 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Buah

  1. Tidak dapat mencerna fruktosa

Beberapa orang mengalami kesulitan mencerna fruktosa sehingga sakit perut setelah makan buah. Menurut Klinik Mayo, fruktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan, jus buah, beberapa sayuran dan madu. Ketika sistem pencernaan tidak menyerap fruktosa dengan baik maka menyebabkan sakit perut, diare dan gas.

Berdasarkan Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, ada beberapa jenis masalah pencernaan yang disebabkan fruktosa, yaitu malabsorpsi fruktosa, suatu kondisi di mana sel-sel usus kecil tidak dapat menyerap gula dengan baik, yang menyebabkan gejala gas, kembung, diare, sembelit, dan sakit perut.  

Atau memiliki keturunan intoleransi fruktosa, kondisi genetik kekurangan enzim untuk memecah gula, menurut Klinik Cleveland. Masalah ini muncul selama masa bayi dan dapat menyebab komplikasi serius seperti kerusakan hati dan ginjal akibat penumpukan fruktosa yang tidak tercerna.

Gejalanya mual, muntah, kembung, diare, sakit perut, kadar gula darah rendah, serta dalam kasus ekstrem kejang atau koma. Karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter bila sering mengalami efek samping setelah makan buah untuk mengetahui mengalami intoleransi fruktosa atau malabsorpsi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut