get app
inews
Aa Read Next : Viral Diet Ice Hack, Benarkah Mampu Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Inilah 8 Manfaat Sari Cuka Apel Bagi Tubuh, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Kamis, 15 Juni 2023 | 12:02 WIB
header img
Inilah 8 manfaat sari cuka apel bagi tubuh yang patut diketahui. Foto ilustrasi: Freepik/stokking
  1. Kadar kolesterol lebih rendah

Konsumsi sari cuka apel secara signifikan menurunkan total serum kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik “HDL” pada populasi tertentu. Demikian data yang dipublikasikan di BMC Complementary Medicine and Therapies.

Tentu saja, pengobatan alami ini harus dilakukan bersamaan dengan diet jantung sehat, jika tujuannya adalah memiliki kadar kolesterol yang sehat.

  1. Menurunkan berat badan

Meski mengonsumsi sari cuka apel setiap hari tidak akan menjamin penurunan berat badan secara instan, apalagi jika tidak berolahraga atau mengikuti pola makan yang  sehat. Tapi jika menerapkan gaya hidup dengan diet seimbang, sehat, dan rutin berolahraga, ditambah sedikit sari cuka apel akan membantu upaya penurunan berat badan.

Berdasarkan sebuah penelitian pada 2021 yang diterbitkan dalam International Journal of Exercise Science, mereka yang konsumsi 30 ml sari cuka apel atau plasebo selama 4 hari, maka suplementasi sari cuka apel secara signifikan mengurangi berat badan dan lemak tubuh.

  1. Rasa lapar berkurang

Sebuah penelitian di Prancis pada 2016 dengan percobaan tikus, menemukan bahwa gangguan metabolisme yang disebabkan oleh diet tinggi lemak digagalkan dengan mengonsumsi sari cuka apel, yang terbukti memberikan efek mengenyangkan.

Para peneliti menemukan bahwa menambahkan sari cuka apel ke dalam diet tinggi lemak pada beberapa tikus secara signifikan menurunkan asupan makanan mereka. Karena itu, tidak ada salahnya memasukan 1 - 2 sdm sari cuka apel yang bebas kalori, lemak dan gula sebagai saus salad, saus atau smoothie.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut