get app
inews
Aa Read Next : Viral Diet Ice Hack, Benarkah Mampu Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli Gizi

5 Kesalahan Diet yang Membuat Metabolisme Tubuh Lambat, Bikin Berat Badan Susah Turun

Rabu, 07 Juni 2023 | 08:19 WIB
header img
Inilah 5 kesalahan diet yang membuat metabolisme tubuh lambat, sehingga membuat berat badan susah turun. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 5 kesalahan diet yang membuat metabolisme tubuh lambat, sehingga membuat berat badan susah turun. Diketahui, metabolisme memang berkaitan dengan diet dan penurunan berat badan.

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia yang mengubah makan menjadi energi, mencegah penumpukan kalori dan lemak dalam tubuh. Lantas apa yang menyebabkan metabolisme tubuh melambat?

Banyak yang berpikir bahwa faktor usia menjadi penyebab metabolisme lambat, tapi itu hanya satu faktor. Pola makan dan kesalahan diet menjadi biang keladi di balik penurunan metabolisme tubuh.

Tanpa disadari kesalahan diet tertentu menghambat metabolisme tubuh sehingga memengaruhi penurunan berat badan. Lantas apa saja kesalahan diet tersebut?

Inilah 5 kesalahan diet yang membuat metabolisme tubuh lambat, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Food NDTV pada Selasa (6/6/2023):

5 Kesalahan Diet yang Membuat Metabolisme Tubuh Lambat

  1. Tidak mengonsumsi cukup protein

Kita membutuhkan asupan berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, tapi proteinlah yang mendorong tingkat metabolisme tubuh. Proses metabolisme membutuhkan lebih banyak energi untuk pencernaan, yang berasal dari protein.

Asupan protein yang tidak mencukupi mempengaruhi metabolisme dan hilangnya otot. Karena itu, pastikan cukup mengonsumsi protein.

  1. Makan makanan olahan secara berlebihan

Banyak mengonsumsi biji-bijian olahan seperti roti tawar, roti maida dan pasta dapat membuat metabolisme menjadi kacau. Karbohidrat olahan cepat dicerna karena kandungan seratnya sudah hilang dalam proses pengolahan, sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin yang memperlambat fungsi metabolisme tubuh.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut