get app
inews
Aa Read Next : 7 Minuman Pembersih Usus, Bikin Pencernaan Makin Lancar

Inilah 7 Manfaat Segelas Air Lemon, Bagus Dikonsumsi saat Memulai Hari

Minggu, 04 Desember 2022 | 06:50 WIB
header img
Inilah 7 manfaag segelas air lemon, bagus dikonsumsi saat memulai hari. Foto ilustrasi: Freepik/azerbaijan_stockers

DEPOK, iNewsDepok.id - Minum segelas air lemon ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya banyak dikatakan rutin minum air lemon di pagi hari atau malam hari sebelum tidur bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Tak heran, banyak yang menjalankan kebiasaan minum segelas air hangat ditambah perasan buah lemon di pagi hari. Minuman ini bisa diminum murni tanpa campuran apapun atau ditambahkan pemanis alami seperti madu.

Berikut 7 manfaat segelas air lemon yang bagus di konsumsi saat memulai hari berdasarkan penjelasan Roxanne B. Sukol, M.D., M.S., dokter ahli penyakit dalam, seperti dilansir pada Minggu (4/12/2022):

  1. Memberikan dosis Vitamin C yang sehat.

Dengan meminum segelas air lemon, kita sudah memastikan asupan lebih dari seperenam Vitamin C harian untuk tubuh. Asupan ini dibutuhkan untuk melindungi kita dari kerusakan sel dan memperbaiki cedera.

  1. Menghidrasi.

Banyak orang yang suka kurang minum air mineral atau cairan sehari-hari, sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kebiasaan minum air lemon setiap hari adalah cara mudah untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Membantu sistem pencernaan.

Zat asam yang terdapat dalam lemon berguna untuk memecah makanan. Asam dalam lemon mungkin sangat membantu dalam menambah kadar asam lambung, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia seseorang.

  1. Membantu menurunkan berat badan.

Minum segelas air lemon di pagi hari disarankan untuk yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Karena itu, daripada minum minuman seperti latte, sebaiknya minum air lemon untuk memulai hari. Dengan mengubah kebiasaan kecil dan sederhana seperti ini maka bisa memberikan manfaat untuk mengecilkan garis pinggang.

  1. Mencegah oksidasi.

Buah lemon mengandung fitonutrien, yang melindungi tubuh kita dari penyakit. Fitonutrien ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang bekerja untuk mencegah kerusakan sel akibat oksidasi, mekanisme yang sama yang menyebabkan karat. Oleh karena itu, minum air lemon bisa mencegah tubuh untuk mengalami kerusakan sel akibat oksidasi.

  1. Mencegah batu ginjal.

Air lemon membantu mencegah batu yang menyakitkan pada orang-orang yang kekurangan sitrat urin (suatu bentuk asam sitrat). Lebih penting lagi, peningkatan cairan membantu mencegah dehidrasi, yang mana menjadi penyebab umum batu ginjal.

  1. Komunikasi saraf.

Tubuh tidak bisa berfungsi tanpa potassium, kandungan ini diperlukan untuk komunikasi saraf-otot, mengangkut nutrisi dan limbah serta pengaturan tekanan darah. Buah dan sayuran merupakan sumber potasium yang penting, salah satunya bisa diberikan oleh lemon.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut