get app
inews
Aa Read Next : Viral Diet Ice Hack, Benarkah Mampu Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Tak Disangka Rambutan Memiliki 4 Manfaat Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:55 WIB
header img
Rambutan. Foto: Freepik/suksao

DEPOK, iNewsDepok.id - Rambutan tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Tak disangka ini ternyata memiliki 4 manfaat kesehatan, karena mengandung vitamin dan mineral, serta antioksidan.

Salah satunya, rambutan kaya akan potasium, mineral yang membantu detak jantung, fungsi ginjal, dan kontraksi otot. Selain juga mengandung asam folat, yaitu vitamin yang penting untuk pembelahan sel dan duplikasi DNA.

Dokter merekomendasikan perempuan yang ingin hamil mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari karena sangat penting untuk menghindari cacat lahir.

Berikut manfaat kesehatan buah rambutan, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (18/1/2023):

  1. Membantu menurunkan berat badan

Seperti halnya kebanyakan buah-buahan lain, buah rambutan dapat membantu dalam proses diet. Rambutan mengandung sekitar 75 kalori dan 1,3–2 gram serat per 100 gram. Sementara kalorinya relatif rendah untuk jumlah serat yang disediakan.

Kandungan serat dalam rambutan dapat membantu seseorang kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan meningkatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Di samping itu, serat larut dalam rambutan dapat larut dalam air dan membentuk zat seperti gel di usus, yang membantu memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi yang membuat perasaan kenyang lebih lama.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut