get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Kementerian PANRB Libatkan Sivitas Akademika UI dalam Reformasi Birokrasi

Kamis, 02 Maret 2023 | 20:55 WIB
header img
Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D menyatakan Road Map Reformasi Birokrasi adalah salah satu jalan untuk meningkatkan kemakmuran bangsa dan negara. Foto: doc Humas UI

DEPOK, iNewsDepok.id - Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PANRB)  Republik Indonesia  melakukan penajaman strategi melalui perubahan  Road  Map  Reformasi Birokrasi.

Perubahan ini memuat beberapa hal, antara lain penajaman  goal setting, pemilihan kegiatan utama yang lebih fokus dan memberi dampak, fokus Reformasi Birokrasi untuk menyelesaikan berbagai isu strategis dan prioritas; serta penajaman indikator penilaian reformasi birokrasi.

Dalam merumuskan konsep baru ini, Kementerian PANRB  melibatkan banyak pihak,  termasuk para sivitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Pada Kamis (2/3), di Balai Sidang UI, Kampus Depok, UI berkolaborasi dengan Kementerian PANRB mengadakan “Talk Show  Reformasi Birokrasi Tematik dan Perubahan  Road  Map 2020–2024”  dengan narasumber Deputi RBK Unwas Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto; Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional Eko Prasojo; Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Riyatno; dan Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi.

Talk Show ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para sivitas akademika UI atas keterlibatannya dalam penyusunan perubahan road  map  tersebut.  Kegiatan ini  juga bertujuan untuk  menyosialisasikan  kebijakan Penajaman  Road Map  Reformasi Birokrasi 2020–2024 kepada instansi pemerintah pusat dan daerah, akademisi, serta masyarakat; dan menjadi  wadah berbagi pengetahuan dan pembelajaran interaktif antar instansi pemerintah dalam pelaksanaan

Reformasi Birokrasi Tematik

Rektor UI,  Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., mengatakan bahwa tantangan global dan pesatnya kemajuan teknologi menuntut perguruan tinggi  untuk  terus melakukan perubahan.

Dalam hal ini, perubahan difokuskan pada penataan dan transformasi organisasi sehingga lebih responsif, agile, dan adaptif dalam melakukan pelayanan publik. Dalam mendukung program reformasi birokrasi nasional, berbagai upaya serta pencapaian telah ditorehkan oleh sivitas  akademika UI.

Dari segi upaya, UI  telah membuat sebuah rencana aksi, yaitu reformasi birokrasi dan transformasi universitas untuk mendorong perubahan  organisasi menuju tata kelola yang efektif dan lebih baik. Upaya ini didukung oleh penyelenggaraan Universitas Indonesia Zona Integritas Award yang ditujukan untuk mendorong pencanangan Zona Integritas di fakultas, sekolah, dan program pendidikan UI. Sejak  tahun 2020, UI dengan proaktif berpartisipasi pada inisiatif Zona Integritas di tingkat Kemendikbudristek di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut