get app
inews
Aa Read Next : Ditegur Ortu Karena Idolakan Adolf Hitler, Remaja di Cakung Tewas Setelah Terjun Dari Lantai 13

Christa Wongsodikromo: Memburu Jejak Keluarga di Tanah Jawa (3)

Senin, 21 November 2022 | 02:20 WIB
header img
Christa Wongsodikromo sering mengunjungi beberapa museum di Indonesia, untuk menggali informasi tentang keberadaan sisa keluarganya. Tama/ iNews Depok.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Masih di sekitar Kota Tua Jakarta, kami bercerita tentang sejarah masa lalu, khususnya era kolonialisme Belanda di Indonesia. Era penjajahan itu sangat berdampak bagi Christa Noella Wongsodikromo, salah satu keturunan warga diaspora tiga negara.

Lalu lalang warga Jakarta saat itu tanpa henti, menikmati tiap sudut bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bagi Christa yang selama ini tinggal di Leiden, Belanda, gaya arsitektur bangunan semacam itu sudah biasa.

Tak terasa langkah kaki kami sudah berjalan cukup jauh di sekitar Taman Sari, Jakarta Barat. Menyusuri tiap sudut bangunan era kolonial.

Keringat perlahan mengucur, hingga kami sedikit mengeluh kegerahan.

"Kalian suka mengeluhkan cuaca yang panas, dan menginginkan yang sejuk atau dingin. Padahal banyak orang-orang Eropa yang sangat menikmati suasana gerah seperti ini," ujar Christa di sela obrolan.

Di Jalan Kali Besar Timur, Taman Sari, Jakarta Barat, kami beristirahat sejenak di tepian sungai. Tepatnya berada di seberang gedung Chartered Bank of India, Australia, and China.


Christa menikmati senja di seberang bangunan kolonial, gedung Chartered Bank of India, Australia, and China, Minggu (13/11/2022). Tama iNews Depok.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut