get app
inews
Aa Read Next : Asmara Terlarang Terekam CCTV, Kafe di Bojongsari Depok Geger!

Nongkrong Sehat di Kafe Acaraki Kota Tua Jakarta, Menunya Jamu Tradisional Jawa

Selasa, 16 Mei 2023 | 11:47 WIB
header img
Peracik jamu kafe Acaraki saat memperlihatkan proses pembuatan minuman jamu di hadapan rombongan delegasi Bangladesh. Foto: iNews Depok/Dhodi.

DEPOK, iNewsDepok.id – Nongkrong minum kopi di kafe sudah menjadi hal biasa. Namun nongkrong sambil menikmati minuman tradisional jamu, itu baru istimewa.

Jamu merupakan minuman tradisional dari Jawa yang terbuat dari bahan-bahan alami, dan memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta menyembuhkan penyakit ringan.

Bahan-bahan membuat jamu cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar, seperti beras kencur, kunyit asam, brotowali (tanaman berbentuk semak merambat) dan kunci sirih.

Selama ini minuman jamu selalu dianggap sebagai minuman untuk para orang tua. Namun hal tersebut tidak berlaku di Acaraki, sebuah kafe yang berlokasi di Gedung Kertaniaga sebelah Museum Fatahillah kawasan Kota Tua Jakarta.

Tidak seperti kafe pada umumnya yang selalu menyajikan kopi dan makanan modern sebagai sajian utamanya. Kafe ini memiliki konsep yang unik, yaitu menyajikan jamu minuman tradisional khas Jawa dengan konsep modern sebagai sajian utamanya.

Meski dalam pengelolaannya sudah memakai konsep modern, namun hal tersebut tidak mengurangi komposisi dan khasiat dari minuman tradisional tersebut. Bahkan cita rasanya sangat sesuai dengan selera anak muda masa kini.

Istilah Acaraki sendiri merupakan sebutan untuk para ahli peracik jamu pada masa kerajaan Majapahit. Nama tersebut sengaja dipakai agar anak muda masa kini paham sejarah tentang jamu dan tidak lagi memandang jamu sebagai minuman kuno.

Berkunjung ke Acaraki tidak hanya bisa nongkrong dan menikmati minuman jamu. Di kafe ini pengunjung juga bisa melihat proses penyajian jamu di area meja bar. Bahkan di waktu tertentu, kafe ini secara khusus menerima rombongan yang ingin melihat proses penyajian jamu.

Seperti yang tampak pada Senin (16/05/2023), saat menerima rombongan dari delegasi Bangladesh yang ingin tahu dan mencicipi sajian jamu. Sebelumnya pada Kamis 11 Mei 2023 kafe tersebut menerima rombongan delegasi Jepang yang juga ingin mengetahui tentang minuman tradisional jamu.

Beberapa khasiat dari minuman jamu antara lain, beras kencur untuk meningkatkan nafsu makan, kunyit asam untuk menghilangkan rasa pegal akibat kerja bera atau kecapekan, dan brotowali untuk mengatasi demam dan nyeri pada tubuh.

Jika sudah terbiasa meminum jamu, bisa memesan jamu dalam versi original. Namun jika belum terbiasa, bisa menambahkan gula yang disajikan secara terpisah. Penyajian jamu bisa disajikan dalam kondisi hangat atau dingin. Namun disarankan menikmati jamu dalam kondisi hangat, karena rasa rempahnya lebih terasa.

Selain minuman jamu, di kafe Acaraki juga tersedia makanan kecil sebagai pendamping meminum jamu. Dan di kafe ini tidak menyediakan makanan berat, seperti nasi goreng dan lain lain.

Para peracik jamu di kafe Acaraki cukup ramah dan selalu bersedia menjawab pertanyaan pengunjung, khususnya yang belum paham tentang minuman jamu. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Acaraki jangan segan untuk bertanya tentang jamu yang akan diminum.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut