get app
inews
Aa Read Next : Ditegur Ortu Karena Idolakan Adolf Hitler, Remaja di Cakung Tewas Setelah Terjun Dari Lantai 13

Dijamin Tidak Bosan, Belajar Sejarah Bareng Reenactor di Indonesia

Jum'at, 16 Desember 2022 | 18:48 WIB
header img
Komunitas Reenactor Bangor saat melakukan reka ulang pertempuran perjuangan Indonesia. Foto: Tama/ iNews Depok.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Masih dalam suasana bulan Hari Sejarah Nasional yang jatuh pada tanggal 14 Desember 2022. Ragam cara dilakukan untuk memperingati atau bahkan mempelajari tentang sejarah masa lalu yang terlewati, mulai dari membaca buku sejarah, literasi tentang peristiwa yang terjadi, melakukan kunjungan ke museum, atau menonton film/ dokumenter tentang sejarah itu sendiri.

Meskipun banyak orang berpikir, belajar sejarah sering dianggap dengan kegiatan mempelajari kejadian di masa lalu yang membosankan. Namun ada sekelompok orang yang merangkum kegiatan itu semua dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan reka ulang sejarah atau yang biasa disebut reenactment.

Salah satu pegiat reka ulang sejarah atau yang biasa disebut reenactor, Errol Tornado yang tergabung di komunitas Reenactor Bangor mengatakan, reenactment adalah suatu kegiatan reka ulang peristiwa bersejarah dengan mengenakan seragam atau pakaian dan perlengkapan lain di masa lalu berdasarkan riset sejarah.

"Reenactment adalah kegiatan reka ulang sejarah, dan orangnya disebut reenactor. Kita mereka ulang kisah-kisah atau sejarah di masa lampau, khususnya seperti perang dunia pertama, kedua atau perang-perang setelah masa itu," kata Errol kepada iNews Depok, Jum'at (16/12/2022).

Dalam kegiatannya, Errol bersama teman-teman sesama reenactor, tidak sembarang melakukan reka ulang tersebut. Hal utama yang dilakukan adalah riset melalui studi pustaka, diskusi, dan penelusuran di internet.


Errol Tornado berperan sebagai tentara Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) Foto: Tama/ iNews Depok.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut