get app
inews
Aa Read Next : Hamzah Resmi Pimpin Ikatan Alumni SMPN 3 Depok Periode 2024-2029

Kisah Pakde Yusuf, Sang Inspirator Manusia Batu Dari Kota Tua

Selasa, 04 April 2023 | 20:13 WIB
header img
Pakde Yusuf memerankan tokoh Pahlawan Nasional. Foto: iNews Depok/Reza Rachmad Sidi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Yusuf Salem Subagio, pria kelahiran Malang 10 September 1968 adalah seorang seniman terkenal di Kota Tua, Jakarta dan juga pengurus komunitas seni manusia patung Kotu Art yang dinaungi oleh Badan Pengelola Kota Tua, Jakarta Barat. Kotu Art adalah sebuah lembaga yang menangani para seniman-seniman Kota Tua agar lebih terstruktur dan terarah.

“Pakde” adalah sebuah kata yang dituju kepada Yusuf sebagai nama panggilan oleh kerabat maupun pengunjung Kota Tua. Pakde Yusuf memulai menjadi seniman manusia batu sejak 2013 tepatnya di tempat wisata yaitu kota tua. Pakde Yusuf sangatlah rendah hati kepada para pengunjung, dia memberikan edukasi-edukasi di setiap karakter yang diperankan saat menjadi manusia batu.

Berawal dari tahun 1996 Pakde mulai mencoba merantau ke Bandung dan Jakarta. Di tiga tahun pertamanya ia menjadi teknisi dan juga mengajar sablon di Bandung. Usahanya dibilang cukup sukses di sana, namun saat ingin mencoba bekerja di Jakarta Pakde nampak kesusahan. Ia melamar di berbagai perusahaan dengan sistem door to door. Efek pergantian era orde baru ke reformasi sangatlah terasa bagi Pakde, dan pada akhirnya ia diterima di perusahaan bank di Kuningan Jakarta Selatan.

Pada tahun 2013 Pakde memulai karirnya menjadi seniman.

"Dimana ada tempat wisata pasti disitulah adanya hiburan atau wahana tersendiri yang lain daripada yang lain,” kata Yusuf.

Pakde melihat Kota Tua sangatlah berpotensi untuk menghasilkan berkah dan rezeki bagi dirinya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut