Logo Network
Network

WN Belanda Keturunan Jawa Sedih Nama Legendaris Untuk Orang Jawa Terancam Punah

Tama
.
Senin, 14 November 2022 | 19:38 WIB
WN Belanda Keturunan Jawa Sedih Nama Legendaris Untuk Orang Jawa Terancam Punah
Christa Noella Wongsodikromo, WN Belanda yang memiliki garis keturunan dari Jawa. Foto: Tama/ iNews Depok.

JAKARTA, iNewsDepok.id  - Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mengetahui orang yang bersuku Jawa akan mudah diketahui dari namanya. Namun saat ini, sulit ditemui orang Jawa (Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur), yang masih menggunakan nama Jawa bagi bayinya yang baru lahir.

Saat ini banyak nama-nama Jawa seperti Sriyati, Ngatinem, Suginem dan lainnya, sudah dianggap kuno atau ketinggalan zaman. Padahal dalam budaya Jawa, mereka suka memberikan nama yang mudah diingat.

Bahkan tidak sedikit orang tua khususnya orang jawa lebih memilih nama kekinian untuk buah hatinya. Dan tidak sedikit, banyak orang tua juga menggunakan nama-nama yang berbau asing untuk anak-anaknya.

Dosen Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Moordiati SS, M.Hum. dalam jurnalnya yang berjudul  Saat Orang Jawa Memberi NamaStudi Nama di Tahun 1950 - 2000, memilih dan memberi nama tidak lagi dianggap sebagai sebuah persoalan besar, hingga pada akhirnya banyak nama yang justru tidak dikenal dan terdengar asing.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini