get app
inews
Aa Read Next : Debat Capres 2024, Ganjar Pranowo Ingin Sat Set Perhatikan Nasib Guru Indonesia

5 Tokoh Ini Dapat Gelar Pahlawan Nasional pada Tahun Ini, Salah Satunya Soeharto dari Jawa Tengah

Kamis, 03 November 2022 | 16:32 WIB
header img
Presiden Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh di Indonesia ( Foto : Istimewa)

Mahfud menjelaskan alasan penganugerahan tidak di tanggal 10 November 2022 melainkan maju menjadi tanggal 7 November. Pasalnya, Presiden Jokowi harus menghadiri KTT ASEAN di Kamboja dan berangkat pada tanggal 8 November 2022.

"Waktu penyerahan akan disampaikan oleh Presiden di Istana Negara pada 7 November karena kalau tahun lalu dilaksanakan persis pada hari pahlawan sesudah dari Kalibata upacara biasanya ke Istana Negara mengumpulkan keluarga dan Pemda ybs tapi kali ini Presiden mengambil 7 November seperti dulu 2018 karena Presiden tanggal 10 akan hadir ke KTT ASEAN di Kamboja. Presiden harus hadir untuk menerima tongkat ketetuaan secara bergilir. Tanggal 8 November sudah berangkat sehingga tanggal 7 November itu penyerahannya," ujar Mahfud.

Mahfud mengimbau kepada daerah-daerah yang merupakan asal dari para tokoh penerima gelar pahlawan nasional untuk mempersiapkan diri hadir pada peringatan Hari Pahlawan 10 November. Rencananya acara tersebut akan digelar pada Senin (7/11/2022) di Istana Negara Jakarta.

"Kami sarankan kepada daerah-daerah tadi yang sudah mempunyai usul-usul dan disetujui oleh pemerintah supaya segera menyiapkan diri untuk hadir dan melakukan penyambutan-penyambutan, baik upacara adat, upacara daerah, atau apapun yang bisa dilakukan untuk menyongsong anugerah ini," katanya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut