get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

5 Momentum Berharga di Bulan Muharam, Salah Satunya Perbanyak Ibadah Pahalanya Berlipat Ganda

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:36 WIB
header img
Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 30 Juni 2022. Foto: Freepik

Berikut momentum berharga di Tahun Baru Islam bagi umat muslim, seperti dirangkum pada Selasa (26/7/2022):

  1. Mendulang Pahala

Muharam adalah bulan mulia, sehingga bulan ini disebut sebagai 'bulan Allah'.  Karena itu, umat Muslim sebaiknya menjadikan bulan ini untuk mendulang pahala.

Setiap amal ibadah dan kebaikan yang dilakukan di bulan Muharam akan dilipatgandakan ganjarannya. 

Sejumlah amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharam salah satunya adalah puasa. Puasa Muharam dapat dilakukan mulai tanggal 1.

Ada juga puasa Tasu’a yang dilaksanakan pada tanggal 9. Berikutnya adalah puasa Asyura yang dilakukan pada 10 Muharam. Puasa Asyura sangat dianjurkan karena umat Muslim bisa mendapatkan pengampunan dosa-dosa kecil setahun yang lalu.

  1. Momen Bertafakur dan Tadzakkur. 

Menyongsong tahun baru Islam, seorang mukmin hendaknya semakin menjadi insan yang suka tafakur (berpikir) dan tadzakkur (merenung)

Tafakur yang pertama, yaitu tafakur hisab atau intropeksi. Artinya, mengingat kembali dan menghitung amalannya yang telah diperbuat di tahun sebelumya.

Setelah itu lalu dia teringat (tadzakkur) akan dosa-dosanya, hingga hatinya menyesal dan beristighfar memohon ampun kepada Rabb-nya.

  1. Momentum Menuju Kebaikan

Selanjutnya makna tahun baru Islam adalah melahirkan kesadaran untuk senantiasa menuju kebaikan, serta semakin bermanfaat untuk seluruh manusia dan untuk semua alam semesta dengan semangat tulus ikhlas demi mendapatkan rahmat Allah.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Baqarah : 218)

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut