Logo Network
Network

5 Momentum Berharga di Bulan Muharam, Salah Satunya Perbanyak Ibadah Pahalanya Berlipat Ganda

Kartika
.
Selasa, 26 Juli 2022 | 15:36 WIB
5 Momentum Berharga di Bulan Muharam, Salah Satunya Perbanyak Ibadah Pahalanya Berlipat Ganda
Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 30 Juni 2022. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Umat Islam akan merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah, yang tahun ini jatuh pada Sabtu (30/7/2022). Tahun baru Islam ditandai dengan mulainya bulan Muharam, yang merupakan salah satu dari empat bulan mulia di dalam Islam selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Dalam sejarah Islam, Tahun Baru Hijriyah menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada 622 M. Hijrah tersebut memiliki makna penting bagi umat Muslim.

Berbeda dengan merayakan tahun baru masehi, umat muslim mempunyai cara sendiri dalam memaknai dan menyongsong tahun baru Islam.

Di bulan Muharam, yang disebut juga sebagai syahrullah al Asham yang berarti Bulan Allah yang sunyi. Maka selain dilarang berperang, umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan amalan-amalan baik, salah satunya adalah puasa.

Termaktub dalam hadits dari Abu Hurairah RA, yang mengisahkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharam. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim).

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini