CEO Mentorship di Gunadarma, Platform Kedaireka untuk Menjawab Tantangan Industri

Iyung Rizki
CEO Mentorship seri 2 tahun 2024 kembali digelar di Gunadarma untuk mempererat kolaborasi antara industri dan pendidikan. Foto: Ist

Sarwono Sutikno, Dr.Eng., CSX-F, IIAP, CC, Perwakilan Insan Perguruan Tinggi - InstitutTeknologi Bandung (ITB), menyoroti, 

“Hal terpenting menurut saya dari menerima programkolaborasi dengan industri ini adalah terjadinya sharing knowledge. Jadi kolaborasi ini tidakhanya menguntungkan bagi industri saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kami. Misalnya,ide besar kami adalah membawa proses pengerjaan printed circuit boards assembly (PCBA)yang dilakukan di luar, dapat dilakukan di Indonesia. Meski kami memiliki kepakaran, namun kami terbiasa menyolder kurang lebih 10 komponen saja, " kata Sarwono. 

"Untuk pengerjaan PCBA, kami harusbisa menyolder sekitar 1700 komponen yang skalanya hanya tersedia di industri. Padaakhirnya kami di ITB belajar juga dari industri," tambahnya. 

Handoyo dari Advan / PT Bangga Teknologi Indonesia, Perwakilan Mitra Dunia Usaha &Dunia Industri (DUDI) di bidang Industri Perangkat Telematika, mengungkapkan pertemuan dengan ITB sebenarnya sudah terjalin sebelumnya melalui realisasiprogram TKDN pemerintah, namun pada saat itu masih berkutat di hulu. 

"Suatu ketika kami di PT Bangga Teknologi Indonesia ingin melanjutkannya dengan hilirisasi berupa produk jadi yang konkret, namun butuh kepakaran yang mumpuni," kata Handoyo. 

Saat itulah kami kembali berjumpa denganITB untuk merealisasikannya melalui platform Kedaireka. Misi kami adalah meningkatkan kadar

TKDN dan substitusi impor di produk unggulan kami dengan misi untuk mendukungpemerintah.

”Saat ini PT Bangga Teknologi Indonesia berfokus untuk pengerjaan di bagian motherboard,karena inti dari sebuah laptop adalah motherboard. Mereka mengerjakan proses PCBA yangdikenal dengan surface mount technology (SMT) yang menjadi proses kunci dalam manufakturelektronik modern dengan menawarkan presisi tinggi dan efisiensi dalam memasangkomponen elektronik pada printed circuit boards (PCB)," terang Handoyo. 

Handoyo menambahkan sangat berterima kasih kepada platform Kedaireka, karena meski harus melalui proses yang panjang, namun pada akhirnya perusahaan kami dapatmerealisasikan misi kami melalui kolaborasi inovatif dengan ITB.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network