Buya Hamka Sahabat dan Seteru Bung Karno, Sempat Dipenjara Diminta Juga Jadi Imam Sholat Jenazah

Vitrianda Hilba Siregar
Presiden Soekarno (Bung Karno) dan Buya Hamka atau bernama lengkap Abdul Malik Karim Amrullah mempunyai hubungan yang unik. Foto: Dok

DEPOK, iNewsDepok.id - Presiden Soekarno (Bung Karno) dan Buya Hamka atau bernama lengkap Abdul Malik Karim Amrullah mempunyai hubungan yang unik. Bung Karno sebagai sahabat sekaligus juga seteru Buya Hamka.

Buya Hamka menerbitkan Majalah Pedoman Masyarakat. Di situlah ia mulai menulis cerita berlanjut. Selain terkenal sebagai seorang sastrawan, Buya Hamka juga dikenal sebagai jurnalis dan politikus yang terkemuka.

Buya Hamka menjalin hubungan yang baik dengan para pemimpin bangsa. Kedalaman pemikirannya membuat Bung Karno sangat mengaguminya. Ini mengakibatkan terbentuknya hubungan erat antara Buya Hamka dan Bung Karno.

Namun, hubungan baik ini tidak berlangsung lama. Pada tahun 1955, saat pemilihan umum pertama kali diadakan, Soekarno mulai merasa tidak senang terhadap Hamka. Saat itu, partai komunis menjadi partai nomor dua. Sikarno akhirnya melakukan perjalanan ke Eropa, Amerika, Uni Soviet, dan Tiongkok.

Secara singkat, Majalah Panji Masyarakat yang dipimpin oleh Buya Hamka kemudian dilarang karena memuat tulisan Bung Hatta yang berjudul 'Demokrasi Kita'. Tulisan tersebut berisi kritik tajam terhadap demokrasi terpimpin yang diterapkan oleh Soekarno.

Perselisihan antara Buya Hamka dan Bung Karno mencapai puncaknya saat terjadi konfrontasi dengan Malaysia pada tahun 1962. Karena Buya Hamka memiliki ikatan yang kuat dengan Malaysia, ia tidak tinggal diam. 

Ia secara aktif memberikan ceramah di masjid, radio, dan televisi untuk memperingatkan akan bahaya komunis di Indonesia. Akibat tindakannya ini, Buya Hamka dan beberapa tokoh Masyumi lainnya ditangkap.

Proses interogasi yang kejam dialami oleh Buya Hamka dan tokoh-tokoh anti-komunis lainnya dan akhirnya dipenjara. Buya Hamka ditahan di Sukabumi selama dua tahun empat bulan. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network