get app
inews
Aa Read Next : Pernah Jadi Ketum, LaNyalla Mattalitti Kembali Calonkan Diri Pimpin PSSI

Ketua DPD RI: Oligarki Harus Diakhiri

Minggu, 24 April 2022 | 13:36 WIB
header img
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: tangkapan layar TitTok

DEPOK, iNewsDepok.id - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, oligarki harus diakhiri dengan kembali kepada sistem ekonomi Pancasila.

Hal itu dia katakan saat memberikan sambutan dalam sebuah acara yang videonya beredar di aplikasi TikTok.

"Oligarki yang diperkaya memang akan bisa membiayai Pilpres dan menjadikan seseorang sebagai presiden, tetapi setelah itu kebijakan negara harus menguntungkan dan berpihak kepada mereka," kata LaNyalla seperti dikutip dari video itu, Minggu (24/4/2022).

Ia menambahkan, lingkaran setan ini harus dipotong dan diakhiri. Rakyat sebagai pemilik kedaulatan tidak boleh kalah oleh oligarki yang menempel dan berlindung di balik keluasaan. 

"Jadi, sekarang bergantung pada leadership kita apakah pemimpin kita mau memelihara dan dipelihara, sehingga dapat duduk manis dapat saham dan setoran, atau memikirkan saat dia dilantik dan membacakan sumpah jabatan yang diucapakn dengan menyebut nama Allah," sambungnya. 

Jika duduk manis dan menerima setoran serta saham untuk cucu dan cicit, lanjut mantan ketua umum PSSI itu, Indonesia akan terus berada di dalam situasi seperti hari ini di mana APBN defisit dan ditutupi dengan utang luar negeri, rakyat disuap dengan BLT-BLT untuk sekian puluh juta rakyat, dan seterusnya. Meski tidak ada satu pihak pun yang bisa mengecek angka-angka itu di lapangan. 

"Oleh karena itu kita harus berani bangkit, berani melakukan koreksi bahwa sistem ekonomi Pancasila yang disusun sebagai usaha bersama untuk kemakmuran rakyat yang sudah kita tinggalkan itu mutlak dan wajib untuk kita kembalikan. Tanpa itu, negara ini akan dikuasai oleh oligarki yang rakus menumpuk kekayaan dan rakyat akan tetap kere," tegasnya.

Seperti diketahui, isu bahwa pemerintahan Jokowi dikuasai dan dikendalikan oligarki telah kencang berhembus, terutama setelah DPR mengesahkan UU Minerba dan Omnibus Law UU Cipta Kerja yang diusulkan pemerintah, tanpa mengindahkan kritik dan penolakan rakyat.

Selain LaNyalla, tokoh nasional yang pernah mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi dikuasai dan dikendalikan oligarki di antaranya politikus senior Amien Rais, dan dosen filsafat UI yang juga pengamat politik, Rocky Gerung.

 

Tentang Oligarki

Dikutip dari Wikipedia, oligarki adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat, baik dibedakan menurut kekayaan, keluarga, atau militer. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti sedikit dan memerintah.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut