get app
inews
Aa Read Next : Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Sidang Sengketa Pilpres

Diajak Rizal Ramli Bentuk People United, Lieus Oke

Rabu, 06 Juli 2022 | 14:41 WIB
header img
Lieus Sungkharisma dan Rizal Ramli. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma menyambut baik ajakan mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli untuk membentuk “People United” demi melawan “Oligarki United” yang kini menguasai Indonesia.

"Ya, saya menyambut ajakan Rizal Ramli, dan mengajak kawan-kawan lain yang peduli terhadap masa depan negara ini untuk membentuk People United itu," kata Lieus melalui siaran tertulis, Rabu (6/7/2022).

Lieus tidak menjelaskan People United merupakan organisasi dalam bentuk apa, tetapi dia menjelaskan bahwa gagasan People United tersebut berangkat dari keprihatinan pada kondisi bangsa ini yang ia, Rizal Ramli dan kawan-kawan yang sepaham dengannya, tidak sedang baik-baik saja, bahkan cenderung telah berada dalam posisi berbahaya.

Sebab, kata aktivis yang pernah dijerat kasus makar ini, saat ini Indonesia dikontrol dan dikendalikan oleh oligarki, baik secara politik maupun ekonomi, sehingga kebijakan-kebijakan pemerintah cenderung merugikan rakyat, tetapi menguntungkan segelintir orang yang punya kuasa dan harta tersebut. Contohnya adalah dengan menerbitkan UU Cipta Kerja dan UU Minerba dengan tanpa melibatkan masyarakat dalam penyusunan draftnya.

"Dalam dialog Radio Bravos beberapa waktu lalu, Rizal Ramli bahkan mengatakan bahwa "Oligarki United" itu telah mengontrol seluruh kekuasaan lembaga negara, baik eksekutif, yudikatif maupun Legislatif, sehingga tidak ada lagi yang namanya trias politica," imbuh dia.

Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak) ini melihat kalau saat ini para orang berkuasa dan berduit itu sudah mulai bergerak secara massif untuk kembali mendudukan orang yang dipilihnya sebagai presiden pengganti Presiden Jokowi melalu Pilpres 2024

Calon pilihan oligarki itu, kata Lieus, tak hanya dimunculkan melalui media massa, tetapi juga melalui lembaga survei dan buzzer, sehingga sosok pilihan itu hampir setiap hari muncul ke ranah publik, termasuk di ranah dunia maya 

“Semua yang terkait sosok itu diberitakan, tetapi dengan hanya menonjolkan sisi positifnya, sementara sisi negatifnya ditutupi," kata dia.

Lieus tidak menyebutkan siapa sosok dimaksud, tetapi ia berpesan kepada masyarakat yang cinta NKRI dan ingin negara ini maju, untuk melawan oligarki 

“Jika kita tidak mau kehidupan negara ini semakin sulit di masa depan, kita harus melawan keadaan ini. Kekuasaan oligarki yang merampas demokrasi itu tidak boleh kita biarkan,” tegasnya 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut