get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi, Harus Dicoba karena Menyehatkan!

Senin, 29 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Foto ilustrasi matcha tea: Freepik/topntp26

Pada 2011, penelitian pada manusia menunjukkan konsumsi 6 cangkir teh rooibos per hari selama 6 minggu akan menghasilkan profil lipid yang lebih baik.

Teh rooibos memiliki waktu seduh yang lebih lama dibandingkan teh lain dan seduhan yang berlebihan tidak menghasilkan rasa pahit. Sebaliknya rooibos memiliki rasa buah yang sedikit manis.

Untuk membuat teh rooibos, gunakan saringan teh untuk merendam 1-1,5 sdt selama 10 menit. Bisa ditambahkan lemon dan madu secukupnya.

  1. Sari cuka apel

Sari cuka apel dibuat dari fermentasi apel yang dihancurkan dengan ragi dan bakteri. Proses ini membentuk asam asetat, yang berdasarkan beberapa penelitian efektif terhadap sensitivitas insulin dan gula darah.   

Pada 2019, penelitian terhadap pasien diabetes tipe 2 yang secara acak konsumsi plasebo atau sari cuka apel 20 ml per hari atau setara dengan 1,35 sdm selama 8 minggu. Konsumsi sari cuka apel secara signifikan menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meski belum banyak bukti, sari cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang setelah makan dan membantu menurunkan berat badan.

Cara konsumsinya, 1-2 sdm sari cuka apel, 1 cangkir (237 ml) air dingin, dan optional 1-2 sdm madu atau pemanis lain. Jangan konsumsi sari cuka apel tanpa diencerkan terlebih dulu.

Pasalnya, sari cuka apel mengandung 4-6 persen asam asetat yang dapat membakar mulut dan tenggorokan. Juga dapat mengikis lapisan enamel gigi jika dikonsumsi rutin, karena itu dianjurkan untuk minum air sebelum dan sesudah konsumsi sari cuka apel.

  1. Kombucha

Kombucha dibuat dari fermentasi teh hitam dengan bakteri, ragi dan gula. Proses fermentasi menghasilkan koloni simbiotik bakteri dan ragi, yang disebut scoby. Setelah fermentasi, kombucha mengandung probiotik, asam asetat dan antioksidan, yang semuanya memiliki manfaat kesehatan.

Berdasarkan penelitian pada hewan dan tabung reaksi, kombucha akan meningkatkan sistem imun, kadar kolesterol dan kadar gula pada penderita diabetes. Tapi kombucha tidak membahayakan bagi orang sehat.

Potensi risiko terkait efek keasaman terhadap pencernaan atau wadah penyimpan besa. Sebaiknya mereka yang memiliki masalah kesehatan tidak mengonsumsi kombucha.

Itulah 9 alternatif minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Selamat mencoba.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut