get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi, Harus Dicoba karena Menyehatkan!

Senin, 29 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Foto ilustrasi matcha tea: Freepik/topntp26
  1. Teh Matcha

Matcha merupakan sejenis teh hijau daun tanaman camelia sinensis, yang dibuat dengan cara dikukus, dikeringkan dan digiling hingga menjadi bubuk halus. Berbeda dengan teh hijau diseduh, pada matcha kita mengonsumsi seluruh daun sehingga mendapatkan lebih banyak sumber antioksidan, terutama epigallocatechin gallate (EGCG)

Manfaat matcha dikaitkan dengan EGCG. Studi menunjukkan konsumsi teh hijau secara rutin akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Studi menggunakan ekstrak teh hijau, tetapi kandungan katekin jumlahnya mirip dengan secangkir matcha.   

Sementara mantaaf teh hijau dikaitkan dengan pengurangan berat badan dan lemak tubuh, menurunkan risiko diabetes tingkat dua. Matcha memiliki rasa yang lebih segar. Cara membuat, ambil 1-2 sendok teh bubuk matcha, masukkan ke dalam mangkuk  keramik, saring dengan saringan halus. Tambahkan air panas, tetapi bukan air mendidih.

Aduk perlahan hingga buruk larut, kemudian dikocok menggunakan pengocok teh bambu tradisional atau chasen. Teh siap disajikan setelah berbuih. Bisa juga ditambahkan 1 cangkir atau 237 ml susu kukus atau alternatif non susu untuk membuat matcha latte yang creamy.

Karena mengonsumsi seluruh daun, matcha cenderung lebih tinggi kandungan kafeinnya daripada teh hijau dan beberapa bahkan ada yang lebih tinggi daripada kopi. Sebaiknya setiap penyajian sekitar 35-250 mg per cangkir.

  1. Golden milk

Golden milk merupakan minuman pengganti kopi yang bebas kafein. Pada minuman hangat ini ditambahkan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kunyit dan lada hitam. Beberapa ada yang ditambahkan kapulaga, vanila dan madu.

Kunyit akan memberikan warna emas yang cantik pada minuman, juga memiliki sifat antiinflamasi yang kuat karena kandungan kurkumin. Lada hitam meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kurkumin, seperti halnya lemak.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut