get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi, Harus Dicoba karena Menyehatkan!

Senin, 29 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Foto ilustrasi matcha tea: Freepik/topntp26

DEPOK, iNewsDepok.id - Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Seringkali orang menjadi secangkir kopi untuk memulai hari di pagi hari.

Meski kopi punya manfaat kesehatan tidak semua orang cocok minum kopi. Ada orang-orang yang menghindari minum kopi dan memiliki minuman lain dengan alasan kesehatan teretentu.

Pada beberapa orang, konsumsi jumlah kafein yang tinggi, 95 mg per porsi, dapat menyebabkan gugup dan perasaan gelisah. Sebagian lain, kopi menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit kepala.

Ada juga yang ingin mencari pilihan minuman lain selain kopi sebagai variasi. Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang biasa dikonsumsi, seperti dilansir dari Healthline, pada Senin (29/5/2023):

9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi

  1. Kopi Chicory

Seperti biji kopi, akar chicory juga bisa dipanggang, digiling dan diseduh menjadi minuman hangat yang nikmat. Rasanya sangat mirip dengan kopi, tetapi bebas kafein.

Akar chicory kaya kandungan inulin, serat larut yang membantu pencernaan dan membuat usus sehat dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Selain juga dapat menstimulasi liver untuk memproduksi lebih banyak empedu, yang bermanfaat untuk mencerna lemak.

Akar chicory ditumbuk dan dipangang, sehingga mudah disiapkan. Mudah diseduh seperti bubuk kopi biasa, dengan coffee maker, french press atau mesin espresso.  Ambil 2 sdm bubuk chicory untuk 6 ons (180 ml) air atau sesuaikan rasio dengan preverensi.Kopi chicory tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut