get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi, Harus Dicoba karena Menyehatkan!

Senin, 29 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Foto ilustrasi matcha tea: Freepik/topntp26

Sangat mudah membuat minuman Yerba mate, rendam daunnya dengan bola teh atau menggunakan kantong teh Yerba mate. Rendam daun teh selama 3-5 menit, lalu nikmati.

Yerba mate sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Berdasarkan studi terlalu banyak konsumsi secara rutin 1-2 liter per hari bisa meningkatkan risiko kanker tertentu.

  1. Teh chai

Teh chai termasuk tipe teh hitam yang dicampurkan dengan bumbu dan rempah kuat. Meski mengandung sedikit kafein (48 mg) dibanding kopi, studi menyebutkan teh hitam masih dapat meningkatkan kewaspadaan mental.  

Teh hitam dan teh hijau sama-sama dibuat dari tanaman Camellia sinensis, tapi teh hitam mengalami proses fermentasi yang mengubah susunan kimia. Kedua tipe ini memiliki antioksidan yang sangat kuat.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, studi menunjukkan bahwa minum teh hitam dalam jumlah sedang (di bawah 4 cangkir per hari) memiliki risiko rendah penyakit jantung. Teh chai memiliki rasa yang kuat dan aroma yang menenangkan.

Cara membuatnya, siapkan 2 cangkir air, hancurkan 4 biji kapulaga, 4 cengkeh dan 2 biji merica hitam. Lalu masukkan ke dalam panci 2 cangkir (474 ml) air, 1 inci atau 3 cm jahe segar, 1 batang kayu manis, dan bumbu halus. Didihkan campuran tersebut, lalu diangkat. Lalu tambahkan 2 kantong teh hitam dan rendam selama 10 menit. Saring teh menjadi 2 cangkir dan siap dinikmati.

Sementara untuk membuat chai tea latte, tinggal siapkan 1 cup (237 ml) susu atau non-dairy favorit sebagai pengganti ait ke dalam resep yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Teh rooibos

Teh rooibos atau teh merah merupakan minuman bebas kafein yang berasal dari Afrika Selatan. Tidak seperti kopi atau teh lainnya, rooibos rendah kandungan antioksidan tannin, yang bermanfaat membantu penyerapan zat besi, meski demikian rooibos mengandung antioksidan penting lainnya.

Sayangnya studi mengenai teh rooibos masih sangat terbatas. Penelitian pada hewan menunjukkan rooibos membantu mengurangi risiko penyakit jantung, sementara berdasarkan studi tabung mengurangi risiko kanker.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut