get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Pilihan Minuman Pengganti Kopi, Harus Dicoba karena Menyehatkan!

Senin, 29 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Berikut ini 9 pilihan minuman pengganti kopi yang bisa dicoba karena menyehatkan. Foto ilustrasi matcha tea: Freepik/topntp26

Untuk membuatnya bisa menggunakan susu murni atau susu bebas lemak. Siapkan susu selama 5 menit, caranya masukkan ke dalam panci 1 cangkir (237 ml) susu atau alternatif non susu.

Selanjutnya, masukkan 1/2 sdt bubuk kunyit, 1/4 sdt kayu manis, 1/8 sdm bubuk jahe dan sejumput lada hitam. Campurkan semuanya. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan madu.

Panaskan campuran tersebut dengan api kecil hingga sedang, aduk agar tidak gosong. Setelah dipanaskan, tuang minuman ke dalam cangkir. Lalu nikmati.  

  1. Air lemon

Untuk mengganti minuman di pagi hari tidak terlalu sulit, karena air lemon adalah cara terbaik untuk memulai hari agar terhidrasi. Air lemon ini bebas kalori dan kafein, tapi memberikan dosis Vitamin C yang cukup.

Sebagai antioksidan, Vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan menjaga kulit dari kerusakan paparan sinar matahari. Antioksidan juga membantu memproduksi kolagen, protein dasar pembentuk struktur kulit, tendon, dan ligamen.

Minum segelas air lemon, dengan menambahkan jus dari 1/2 lemon (1 sdm atau 15 m) ke dalam cangkir (237 ml) air dingin, menyediakan 10 persen RDI untuk Vitamin C. Juga dapat menambahkan buah atau rempah lain berbagai rasa, seperti mentimun, mint, semangka, dan kemangi.

  1. Yerba mate

Yerba mate merupakan teh herbal berkafein alami yang diolah dari daun kering pohon  Holly dari Amerika selatan, Ilex paraguriensis. Minuman ini jadi pengganti kopi tapi tetap mengandung kafein, yang mana secangkir Yerba mate (237 ml) mengandung sekitar 70-90 mg kafein, sama dengan kafein dalam secangkir kopi.

Yerba mate juga sarat manfaat tumbuhan sebagai antioksidan, yang berdasarkan studi jumlah antioksidannya setara dengan antioksidan pada teh hijau. Yerba mate mengandung beberapa mineral dan vitamin, termasuk riboflavin, thiamin, fosfor, zat besi, kalsium, serta Vitamin C dan B6.  

Rasa Yerba mate pahit atau berasap. Dalam metode tradisional, Yerba mate disiapkan dalam labu Yerba mate dan dikonsumsi menggunakan sedotan logam, ditambahkan air saat meminumnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut