get app
inews
Aa
Read Next : Bolehkah Mandi Keramas di Siang Hari Saat Puasa? Simak Hukumnya

Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur, Dibaca Saat Berziarah Jelang Ramadhan

Sabtu, 18 Maret 2023 | 07:38 WIB
header img
Bacaan doa ziarah kubur. Foto ilustrasi: dok Okezone

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah bacaan doa ziarah kubur yang sebaiknya dibaca saat berziarah ke makam. Menjelang Ramadhan sudah menjadi tradisi orang berziarah ke makam orangtua, kakek-nenek hingga kerabat.

Berdoa saat ziarah kubur merupakan sesuatu yang penting. Salah satu tujuan ziarah adalah mendoakan mereka yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur dengan berdoa atau sekadar membersihkan makam merupakan salah satu anjuran dalam agama Islam karena memiliki banyak keutamaan. Salah satunya mengingatkan peziarah tentang kematian sehingga kualitas ketakwaan kepada Allah Swt semakin meningkat.

Berikut anjuran berziarah kubur berdasarkan Sabda Rasulullah SAW:

 كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً    

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim).

Lantas doa apa saja yang dibaca saat ziarah kubur? Berikut bacaan doa ziarah kubur, lengkap dengan artinya, seperti dirangkum pada Sabtu (18/3/2023):

Bacaan Doa Ziarah Kubur

  1. Membaca salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُون

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Artinya: "Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

  1. Membaca istighfar

 أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Artinya : "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut