get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Mandi Keramas di Siang Hari Saat Puasa? Simak Hukumnya

Para Muslimah, Yuk Rutin Lakukan 6 Perawatan Sunnah Ini Agar Cantik

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 08:01 WIB
header img
Memotong kuku menjadi salah satu perawatan sunnah bagi muslimah. Foto: stylecaster.com

DEPOK, iNewsDepok.id - Berdasarkan Islam, cantik adalah yang muncul dari unsur jasmani dan rohani. Seorang muslimah tidak hanya cantik fisik, tetapi juga cantik hati dan akhlaknya, yakni cantik yang disandarkan pada Allah Ta’ala.

Untuk tampil cantik secara jasmani, maka muslimah perlu memperhatikan kebersihan tubuh. Terkait perawatan kecantikan untuk jasmani, ada beberapa perawatan sunnah yang bisa dilakukan.

Berikut 6 perawatan sunnah yang dapat dijadikan langkah perawatan diri dan kecantikan muslimah, seperti dikutip dari buku “Kecantikan Surgawi” karya Akram Ridha, pada Sabtu (27/8/2022):

  1. Memotong Kuku

Salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah adalah memotong kuku di hari Jumat. Memotong kuku dapat menghindari kita dari penumpukan kotoran di dalam kuku, menyakiti orang lain saat berinteraksi dengan orang lain dan terhindar dari kesan menjijikan.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Washil yang menuturkan, "Aku pernah berjumpa dengan Abu Ayyub Al-Anshari dan ia menyalamiku. Saat melihat kuku-kuku yang panjang, ia langsung berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda, 'Salah seorang dari kalian akan ditanya mengenai kabar langit karena ia membiarkan kuku-kukunya (memanjang) seperti kuku-kuku burung hingga menggumpal di dalamnya bekas-bekas junub, benda-benda busuk dan daki kotoran."

  1. Mencukur Bulu/Rambut

Salah satu fitrah yang disunnahkan Rasulullah bagi perempuan adalah memangkas bulu atau rambut. Bulu atau rambut yang dimaksud di sini adalah bulu atau rambut yang berlebih.

Sebagaimana hadis dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, "Telah ditentukan batas waktu bagi kita untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan memangkas bulu kemaluan; jangan sampai kita membiarkannya lebih dari empat puluh malam (hari)" (HR. Muslim).

Hadis tersebut menunjuk pada dua area dalam tubuh yaitu ketiak dan kemaluan. Membersihkan bulu ketiak tak terbatas hanya dengan cara mencabut, tetapi juga bisa dengan mencukur atau memangkasnya. Kegiatan ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan khususnya bagi para wanita yang sudah menikah.

Dengan melakukan ini, ia akan mendapatkan pahala apabila menyimpan niat untuk membuat suaminya bahagia dan tampil cantik di hadapannya. Selain itu, ia juga akan mendapat pahala dengan niat membersihkan diri dan melaksanakan sunnah fitrah.

Selain mencukur bulu ketiak, sunnah lainnya adalah mencukur bulu kemaluan. Selain merupakan sunnah yang dianjurkan, mencukur bulu kemaluan memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi di bagian kemaluan serta mencegah dari bau yang tak sedap.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut