get app
inews
Aa Read Next : Minum Pakai Sedotan Bisa Bikin Keriput di Area Bibir, Cek Faktanya!

7 Cara Mencegah Penuaan Kulit Wajah, Salah Satunya Pakai Kacamata Hitam dan Jangan Mengucek Mata

Rabu, 15 Februari 2023 | 10:44 WIB
header img
Ada 7 cara mencegah penuaan kulit wajah. Foto ilustrasi: Freepik/kroshka__nastya

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada 7 cara mencegah penuaan kulit wajah yang simpel dan bisa dilakukan sehari-hari. Sebaiknya ketujuh cara tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya penuaan pada wajah.

Sebagaimana diketahui seiring bertambahnya usia, tanda penuaan kulit wajah terjadi seperti garis-garis halus, keriput, kulit kendur maupun flek hitam akan semakin terlihat pada wajah. Bagi perempuan, hal tersebut menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan.

Sebenarnya proses penuaan kulit wajah adalah hal wajar yang terjadi apda setiap orang. Apalagi ketika usia di atas kepala tiga, penuaan kulit wajah semakin tampak, terutama bila kulit tidak dirawat sejak dini.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam mendorong proses penuaan menjadi lebih cepat atau penuaan dini, di antaranya faktor genetik, lingkungan yang kurang sehat, kondisi tubuh, gaya hidup, hingga pola makan. 

Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato menjelaskan, berdasarkan American Academy of Dermatology Association ada dua penyebab penuaan kulit, yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Faktor penuaan intrinsik mengacu pada faktor genetik dan biokimia, serta efek yang dihasilkan dari perubahan hormon. Sementara penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal, polusi atau sinar UV, dan kebiasaan gaya hidup, merokok atau makan terlalu banyak gula. 

"Kita fokus penuaan kulit pada faktor ekstrinsik dan terkendali untuk menjaga kulit terlihat bagus seiring bertambahnya usia,” ujar Laura.

Lantas bagaimana cara mencegah penuaan kulit wajah agar seseorang tetap awet muda dan tidak cepat tua?

Menurut Laura, ada 7 cara mencegah penuaan kulit wajah, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikut ulasan selengkapnya, dikutip pada Rabu (15/2/2023):

Mencegah Penuaan Kulit Wajah

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut