get app
inews
Aa Read Next : Magnolia Maternity Series, Produk Perawatan Kulit Lengkap, Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ini Alasan Merokok Menyebabkan Keriput, Berikut 5 Perawatan Kulit Atasi Efek Rokok

Sabtu, 24 Juni 2023 | 14:40 WIB
header img
Ini alasan merokok menyebabkan keriput, berikut 5 perawatan kulit atasi efek dari rokok tersebut. Foto ilustrasi: Freepik/nensuria

DEPOK, iNewsDepok.id - Ini alasan merokok menyebabkan keriput, berikut 5 perawatan kulit atasi efek dari rokok tersebut. Merokok dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan.

Racun dalam tembakau dapat menurunkan aliran darah ke sel kulit, mengurangi kelembaban pada dermis, serta memecah kolagen dan elastin sehingga menyebabkan keriput.

Toksin di dalam tembakau dapat membuat organ tubuh menua sebelum waktunya, begitu pula dengan kulit. Merokok dapat membuat pembuluh darah menyempit, membatasi oksigen dan nutrisi penting yang mencapai sel kulit.

Perokok juga cenderung memiliki kadar kolagen dan elastin yang lebih rendah, yang sangat penting untuk kesehatan dan kekencangan kulit secara keseluruhan. Berkurangnya kolagen dan elastin ini sering menyebabkan kerutan dini.

Lantas mengapa merokok bisa menyebabkan keriput? Berikut ini penjelasan mengenai alasan mengapa merokok bisa menyebabkan keriput, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Healthline, pada Sabtu (24/6/2023):

Merokok Menyebabkan Keriput

Racun yang dihirup saat merokok memengaruhi setiap organ tubuh, termasuk kulit. Berdasarkan ulasan pada 2021, merokok dapat menyebabkan serat kolagen dan elastin di kulit rusak.

Kolagen adalah protein esensial yang memengaruhi kesehatan dan fungsi dermis. Ketika kadar kolagen dan elastin menurun, kulit cenderung kendur, berkerut dan kehilangan kekencangannya.

Merokok juga dapat mengurangi kelembaban kulit, yang menyebabkan cepat timbul keriput dan keriput tampak lebih kentara.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut